Cucu Soekarno Berpeluang Jadi Pasangan Gus Ipul

Image
Tuesday, 09 January 2018 | 01:17:18 WIB


SURABAYA (Nusapos.com)  - Teka-teki siapa calon pasangan Saifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul di Pilgub Jatim 2018, nampaknya masih belum jelas. Namun santer dan menjadi rasan-rasan di kalangan politisi Jatim, nama Puti Pramatha Puspa Seruni Paundrianagari yang akrab disapa Puti Guntur Soekarno sebagai pengganti Abdullah Azar Anas yang telah mengembalikan mandat ke DPP PDIP.

Cucu presiden pertama RI, Soekarno dari Guntur Soekarno itu, saat ini tercatat sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019 dari Fraksi PDI Perjuangan. Bahkan perempuan berparas cantik ini juga masuk nominasi kader Partai dengan lambang kepala Banteng dengan moncong putih di Pilgub Jabar 2018.

Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari mengatakan bahwa hingga saat ini DPP PDIP belum memutuskan siapa pengganti Abdullah Azwar Anas sebagai Bacawagub Jatim berpasangan dengan Gus Ipul. "Belum tahu, termasuk munculnya nama Puti Guntur Soekarno untuk dipasangkan dengan Gus Ipul," jawab Untari saat dikonfirmasi Senin (8/1) kemarin.

Sayangnya, Bacagub Jatim dari koalisi PDIP-PKB, Saifullah Yusuf saat ditanya nama Puti Guntur Soekarno sebagai kandidat pengganti Anas di Pilgub Jatim 2018, enggan menjawab.

Selain nama Puti, kandidat lain pengganti Anas yang santer diperbincangkan diinternal PDIP adalah Walikota Surabaya Tri Rismaharini, dan Bupati Ngawi Budi Kanang Sulitiyono. Sedangkan dari partai poros tengah yang menguat adalah Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, Bupati Bojonegoro Suyoto dan Masfuk ketua DPW PAN Jatim.

Menurut pengamat politik dari Unair Surabaya, Hari Fitriyanto peluang Gus Ipul dan PKB ganti pasangan koalisi adalah blunder. Sebab waktunya sudah mepet sehingga dikhawatirkan mesin politik menjadi amburadul. "Saya yakin PKB tetap berkoalisi dengan PDIP, tapi siapa pengganti Anas masih belum ada keputusan," terang Hari.

Senada, Dekan FISIP Unijoyo, Surokim Abdussalam menilai munculnya orang baru seperti Puti Guntur Soekarno sebagai pengganti Anas membuat peluang koalisi PKB-PDIP memenangkan Pilgub Jatim semakin menipis. "Kalau Anas diganti orang baru apalagi bukan dari Jatim itu berat untuk meraih kemenangan di Pilgub Jatim," kata Surokim.

Kendati demikian jika DPP PDIP akhirnya memutuskan Puti Guntur Soekarno sebagai Bacawagub Jatim pasangan Gus Ipul, lanjut Surokim tetap memiliki nilai tambah karena Puti merupakan cucu Soekarno sehingga bisa memperkuat hubungan emosional antara kaum nasionalis dengan warga nahdliyin. "Kalau memperkuat hubungan NU dengan nasionalis di Jatim itu memang pas," imbuh Surokim. (tis) 

Sumber : -

Laporan : Try

Editor : Red

loading...