Pemerintah akan Buka Penerimaan CPNS 2018

Image
Tuesday, 09 January 2018 | 19:45:21 WIB

Jakarta (nusapos.com)- Pemerintah pusat akan membuka kembali formasi untuk calon Pegawai Negeri Sipil di Tahun 2018.  Penerimaan CPNS akan lebih diutamakan di daerah. Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman mengatakan, jumlah formasi yang dibutuhkan tidak melebihi PNS yang pensiun.

“Tahun 2018, kita ada rencana membuka kembali tetapi tidak melampui yang pensiun. Pensiun diperkirakan 218 ribu orang. Tidak lebih dari pensiun. Paling tidak setengahnya dari jumlah yang pensiun. Kita akan sesuaikan dengan analisa jabatan dan beban kerja,” kata Herman, dalam perbincangan dengan Radio Republik Indonesia, Minggu (7/1/2018).

Dia mengatakan, saat ini tengah dilakukan validasi data mengenai kebutuhan melalui sistem e-informasi. Seharusnya rampung pada Desember 2017 dan ternyata daerah belum siap sehingga ditargetkan akhir Januari 2018 selesai. Adapun jabatan yang dibutuhkan, tidak lagi dibidang administrasi umum melainkan dibidang kesehatan, pendidikan dan full skil sesuai kebutuhan daerah. Misal, Kalimantan adalah wilayah yang kaya sumber daya alam tambang maka dibutuhkan tenaga ahli untuk tambang.

“Menpan akan melakukan pendalaman, melihat komposisi belanja APBD. Kalau lebih besar untuk belanja pegawai daripada publik maka akan diberi pertimbangan. Jumlah ASN saat ini 4,3 juta orang,” tegasnya.

Pada 2017, pemerintah pusat membuka formasi 37 ribu untuk pusat dan daerah. Dibagi dua gelombang. Gelombang pertama untuk Mahkamah Agung , kemudian Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Gelombang kedua, 60 instansi dan satu provinsi yakni Kalimantan Utara.


Sumber : rri

Laporan : -

Editor : Red


loading...
Post
Jatim
Post
Nasional
Post
Jakarta
Post
Nasional