Surau TV

Banner

12 Februari Penetapan Paslon Pilgubri

Image
Monday, 15 January 2018 | 19:05:41 WIB


PEKANBARU (nusapos.com)- Keempat Bakal Pasangan Calon Gubernur Riau (Paslon Gubri) selesai mengikuti tes kesehatan yang dilakukan Jum'at dan Sabtu (12-13 Januari 2018) di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru.

Sementara itu, KPU Riau akan menetapkan pasangan calon peserta Pilgubri 2018 yang akan bertarung Juni mendatang pada 12 Februari. Keempat pasangan calon yakni Syamsuar-Edy Natar Nasution, Firdaus-Rusli Effendi, Andi Rahman-Suyatno dan Lukman Edy-Hardianto. Mereka merasa optimis lolos tes kesehatan yang sudah dilakukan.

Apalagi, bakal calon gubernur Riau sudah pernah mengikuti tes serupa ketika mengikuti pilkada. Sebagaimana diketahui, empat bakal calon gubernur Riau didominasi kepala daerah, yakni tiga orang kepala daerah. Arsyadjuliandi Rachman atau Andi Rahman yang menjabat Gubernur Riau, Syamsuar menjabat Bupati Siak dan Firdaus menjabat Walikota Pekanbaru yang sudah menjabat dua periode. Sementara itu, Lukman Edy merupakan Anggota DPR RI.

Ketua KPU Provinsi Riau Nurhamin menjelaskan tahapan pendaftaran paslon gubri menggunakan parpol atau gabungan parpol sudah dilakukan selama masa pendaftaran 8-10 Januari 2018 dengan persyaratan memperoleh kursi minimal 20 persen atau minimal 13 kursi dprd Riau.

Keempat bakal pasangan calon gubernur Riau sudah mengikuti tahapan pemeriksaan, KPU memeriksaan syarat pencalonan. Jika belum lengkap akan menuangkan dalam berita acara dan selanjutnya dapat melengkapi selama masa pendaftaran. Pemeriksaan kesehatan, Kemudian, proses selanjutnya pada 10-16 Januari tanggapan masyarakat. Kemudian, pemberitahuan hasil penelitian pada 17-18 Januari

"Penetapan Paslon Gubri dilakukan12 Februari. Kemudian, pengundian dan pengumuman nomor urut 13 Februari," terang Nurhamin kepada wartawan akhir pekan lalu.

Kendati demikian, keempat bakal paslon pilgubri tidak memiliki persiapkan khusus. Namun, mereka tetap menjaga kesehatan dan kebugaran fisik untuk mengikuti tes kesehatan yang dilakukan tim kesehatan.

Tes kesehatan yang dilakukan, yakni pada hari pertama, peemeriksaan tes psikologi dan psikiatrik. Kemudian, tes kesehatan pada hari kedua dilakukan tes fisik dan anti narkoba.

Salah seorang bakal calon gubernur Riau Firdaus yang merupakan Walikota dua periode mengungkapkan, tes kesehatan yang dilakukan tim kesehatan tidak berbeda dengan tes kesehatan pilkada pemilihan walikota.

"Prinsipnya sama, hanya soal yang diberikan saja berbeda," ungkap Firdaus.

Bagitu juga dengan Bakal calon gubernur Riau Syamsuar juga merasa optimis lulus tes kesehatan. Tes kesehatan yang dilakukan berjalan lancar dan sama sekali tidak ada kendala yang berarti.

Dirut RSUD Arifin Ahmad Provinsi Riau, Nuzelly Husnedi mengungkapkan seluruh bakal calon gubernur dan wakil gubernur Riau sudah melakukan pemeriksaan kesehatan selama dua hari, peemeriksaan tes psikologi dan psikiatrik. Kemudian, tes kesehatan pada hari kedua dilakukan tes fisik dan anti narkoba.

Sumber : Gaungriau.com

Laporan : -

Editor : Red

loading...