KPU Jatim ; Semua Syarat Pencalonan MS dan Syarat Calon TMS

Image
Wednesday, 17 January 2018 | 21:01:59 WIB


KPU Jatim ; Semua Syarat Pencalonan MS dan Syarat Calon TMS

SURABAYA (Nusapos.com) - KPU Jatim menggelar rapat pleno terbuka tentang pemberitahuan hasil penelitian dokumen syarat calon pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur tahun 2018 di kantor KPU Jatim jalan Raya Tenggilis Surabaya, Rabu (17/1) petang.

Ketua KPU Jatim Eko Sasmito mengatakan bahwa dokumen syarat pencalonan kedua pasangan calon yang maju Pilgub Jatim 2018 sudah Memenuhi Syarat (MS). Sebab berdasarkan hasil tim pemeriksaan dan penilaian kesehatan masing-masing pasangan calon yang merupakan dokumen terakhir persyatan pencalonan menyatakan memenuhi syarat semua.

"Semua calon baik Khofifah (Cagub), Emil (Cawagub), Gus Ipul (Cagub) dan Mbak Puti (Cawagub) berhasarkan hasil pemeriksaan dan penilaian kesehatan dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) karena memiliki kemampuan jasmani dan rohani serta terbebas dari penyalahgunaan narkoba dan psikotopika," ujar Eko Sasmito didampingi anggota KPU Jatim lainnya.

Sementara untuk syarat calon, lanjut Eko dapat disimpulkan semua calon masih perlu memperbaiki berkas dokumen karena dari 21 item dokumen yang harus dilampirkan masih ada yang tak sesuai dengan yang diminta KPU Jatim. "Perbaikan dokumen syarat calon diberi waktu tiga hari terhitung 18-20 Januari 2018. Selanjutnya dilakukan verifikasi (penelitian) hasil perbaikan hingga 27 Januari dan pada 12 Februari akan dilakukan penetapan pasangan calon," ungkap mantan ketua KPU Kota Surabaya ini.

Berdasarkan hasil pemeriksaan awal berkas calon, kata Choirul Anam anggota KPU Jatim lainnya mengatakan ada beberapa berkas syarat Cagub Khofifah yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Diantaranya, terkait dokumen Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), SPT Pajak Penghasilan 5 tahun terakhir, tunggakan pajak dan daftar nama tim kampanye tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

"Sedangkan syarat Cawagub Emil Elistianto Dardak juga ada beberapa yang masih TMS. Diantaranya, terkait LHKPN, STTB (Ijazah) dan daftar nama tim kampanye tingkat provinsi dan kabupaten/kota," jelas Choirul Anam.    
Masih di tempat yang sama, komisioner KPU Jatim lainnya, Gogot Cahyo Baskoro menjelaskan bahwa syarat Cagub Saifullah Yusuf yang masih TMS, diantaranya terkait dokumen surat keterangan dari pengadilan negeri tentang status bukan terpidana, tidak sedang dicabut hak pilihnya, tidak sedang memiliki tanggungan hutang, tidak dinyatakan pailit dan SKCK

Sedangkan untuk syarat Cawagub Puti Guntur Soekarno yang belum lengkap atau TMS, meliputi dokumen model BB 1 KWK dan BB 2 KWK, surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana, surat keterangan dari Pengadilan Negeri yang menyatakan tidak sedang dicabut hak pilihnya, tidak memiliki tanggungan hutang, SKCK, LHKPN, SPT Pajak Penghasilan 5 tahun terakhir, tidak mempunyai tunggakan pajak dan foto copy ijazah (STTB).

Ketua tim pemenangan pasangan Khofifah-Emil, Roziqi mengaku semua berkas syarat calon yang dinyatakan TMS sebenarnya sudah disiapkan. Namun karena masa perbaikan berkas baru besok bisa diserahkan sehingga pihaknya optimis sudah tidak ada persoalan terkait syarat calon. "Semua sudah kita siapkan berkas syarat calon yang masih perlu dilakukan perbaikan," jelasnya.

Terkait nama Chofifah yang tak sesuai dengan Ijazah dan dipersoalkan Bawaslu Jatim, lanjut mantan Kakanwil Depang Jatim pihaknya sudah memiliki surat penetapan dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada tahun 2003. "Nama Chofifah berubah menjadi Khofifah Indar Parawansa karena Indar Parawansa adalah nama suami Khofifah," beber Roziqi.
   
Senada Loison Officer (LO) pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, M Wahyu Hakim mengatakan semua kekuarangan berkas syarat calon baik Gus Ipul maupun Mbak Puti sudah disiapkan dan akan segera diserahkan ke KPU Jatim sesuai jadwal perbaikan. "Hasil ini akan kami laporkan ke pasangan calon dan tim pemenangan. Tapi semua dokumen yang dinyatakan TMS sebenarnya sudah kami siapkan, sehingga kami optimis pasangan Gus Ipul-Mbak Puti lolos sebagai paslon di Pilgub Jatim mendatang," pungkas Hakim. (tis) 

Sumber : -

Laporan : Try Wahyudi Ary Setyawan

Editor : Red

loading...
Post

Puti Dan Tahta Baka

7 bulan yang lalu