Pungli Surat Tanah, Kades di Rohul Kena OTT

Image
Friday, 19 January 2018 | 21:02:53 WIB


Pasir Pengaraian (nusapos.com) -Seorang Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Kepenuhan, Rokan Hulu (Rohul), terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) anggota Kepolisian Resor (Polres) Rohul, Kamis (18/1/18).
 
Selain oknum Kades di Kecamatan Kepenuhan, dalam OTT itu juga turut diamankan lima rekannya. Termasuk beberapa orang perangkat desa .
 
Oknum Kades tersebut diduga lakukan Pungutan Liar (Pungli) kepada beberapa pemohonan pembuatan Surat Keterangan Riwayat Pemilikan Tanah (SKRPT). Besaran yang dipungut Kades berkisar lebih kurang Rp 3,5 juta untuk penerbitan satu surat.
 
Adanya seorang Kades di Kecamatan Kepenuhan yang kena OTT dibenarkan oleh Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto, SIK. MH. Dan saat ini, oknum Kades dan rekannya sudah diamankan di Mapolres Rohul untuk pemeriksaan intensif.
 
AKBP Yusup menerangkan, berawal, adanya laporan masyarakat yang keberatan atas terlalu mahalnya biaya dalam pengurusan atau penerbitan SKRPT di Desa di Kecamatan Kepenuhan yang dimaksud.
 
Oleh sebab itu, beberapa orang pemohon SKRPT itu melapor ke Polisi. Kemudian berdasarkan laporan itu, anggota Sat Reskrim Polres Rohul yang dipimpin Kasat Reskrim AKP Harry Avianto, SIK lakukan penangkapan terhadap oknum Kades dan rekannya.
 
"Kamis sore sekitar pukul 17.00 WIB, oknum Kades dan pemohon bertemu di salah satu warung di Pasir Pengaraian. Saat itu lah Kades dan rekannya kita lakukan tangkap tangan,"kata AKP Yusup Rahmanto, memerangkan saat OTT, selain amankan enam orang, juga sita barang bukti uang puluhan juta, Jumat (19/1/18)
 
Pasca dilakukan OTT, sebanyak enam orang yang diamankan di salah satu warung itu digelandang ke Mapolres Rohul guna lakukan interogasi. Namun sejauh ini belum ada satupun yang ditetapkan tersangka.
 
"Butuh waktu 1 x 24 jam pemeriksaan dan gelar perkara. Setelah itu baru kita tetapkan statusnya,"ungkap Kapolres Rohul sambil menerangkan, Senin (22/1/18) akan lakukan konferensi pers terkait permasalahan ini.
 
Sementara, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyrakat dan Pemerintah Desa Rohul Ir Jufri MSi mengaku kaget, mendapat informasi dari wartawan adanya oknum kades beserta perangkat desa yang diamankan Polres Rohul.
 
"Siapa oknum kades dan perangkat desa yang ditangkap Penyidik Polres Rohul. Saya baru tau informasinya. Nanti akan saya cek informasinya," sebut Jufri.

Sumber : -

Laporan : Sugiyanto/amn

Editor : Red

loading...