Surau TV

Banner

13.751 KK di Kampar Tercoklit Pada Gerakan Coklit Serentak

Image
Sunday, 21 January 2018 | 11:06:29 WIB


BANGKINANG (nusapos.com)-Pelaksanaan kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) serentak pemuktahiran data pemilih Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2018, di wilayah Kabupaten Kampar, Sabtu (20/1/18), berjalan lancar dan sukses.  Bahkan jumlah rumah atau KK yang di coklit  oleh penyelenggara pemilu melebihi target. 


Awalnya,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar hanya menargetkan 10.915 rumah atau KK (Kepala Keluarga). Perhitungan ini didasarkan, kepada setiap penyelenggara pemilu melaksanakan coklit serentak sebanyak 5 rumah.  Penyelenggara pemilu dimaksud yakni, 5 orang komisoner KPU Kampar,  105 PPK,  750 PPS dan 1.323 PPDP.


Namun pada pelaksanaan coklit serentak Sabtu (20/1/18), jumlah KK yang berhasil dicoklit di wilayah Kabupaten Kampar sebanyak  13.751 KK,  dengan jumlah rumah 12.832 rumah.  Total pemilih yang tercoklit sebanyak 36.495 pemilih. 


Dari pantauan Wartawan di lapangan, pelaksanaan coklit serentak di Kabupaten Kampar diawali dengan dilaksanakannya apel  kesiapan pelaksanaan  pencoklitan serentak di setiap Desa/kelurahan, kecamatan dan Kabupaten di Kabupaten Kampar.  Apel tingkat Kabupaten Kampar dilaksanakan di halaman kantor KPU Kabupaten Kampar yang dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Kampar Yatarullah, SAg,  SH, MHum.


Apel kesiapan pelaksanaan pencoklitan serentak  di halaman kantor KPU Kabupaten Kampar ini dihadiri seluruh Komisoner KPU Kampar,  Ahmad Dahlan, SE,  MESy,  Hasbi, SAg,  Drs. Sardalis,  Dahmizar,  SAg,  Ketua PPK Kecamatan Bangkinang Kota Almy Zarlis,  ST,  MIKom,  beserta anggota,  Masri Dalmi,  S. Sos,  Robi Wahyudi,  SE,  MSi,  dan Zulfahmi,  SHi,  Ketua PPS dan anggota se-Kecamatan Bangkinang Kota beserta PPDP se-Kecamatan Bangkinang Kota. 


Usai apel kesiapan pencoklitan serentak di halaman KPU Kabupaten Kampar maka seluruh penyelenggara pemilu di Kabupaten Kampar turun kelapangan mendatangi rumah-rumah warga untuk melakukan coklit data pemilih. Coklit serentak di Kampar diikuti oleh Anggota KPU Provinsi Riau Drs.  Syapril Abdullah selaku korwil Kabupaten Kampar beserta staf.  


Diantara rumah-rumah atau KK yang di coklit adalah rumah Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto di Desa Sei Lambu Makmur Kecamatan Tapung.  Catur Sugeng terdaftar di TPS 1 Sei Lambu Makmur. Pencoklitan oleh PPDP di kediaman Wakil Bupati di dampingi Ketua KPU Kampar Yatarullah.


Kemudian rumah Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs.  Yusri di Bangkinang Kota.  Yusri terdaftar di TPS 22 Kelurahan Bangkinang Kota.  Pencoklitan dirumah Sekda di dampingi oleh Anggota KPU Kampar Ahmad Dahlan, Ketua PPK Bangkinang Almy Zarlis dan anggota. 


Anggota  KPU Provinsi Riau Syapril Abdullah kepada Wartawan disela-sela kegiatan coklit serentak menyampaikan  bahwa KPU RI sudah meluncurkan gerakan coklit serentak yang berlaku dari sabang sampai merauke untuk 171 daerah (Provinsi,  Kabupaten dan Kota)  yang melaksanakan Pilkada serentak tahun 2018. "KPU RI sudah menargetkan sebanyak satu juta lima ratus ribu rumah tercoklit serentak hari ini," ujar Syapril. 


Gerakan coklit serentak ini merupakan ide dan kreativitas cemerlang dari KPU RI untuk pemuktahiran data pemilih pada pilkada,  mengingat tahun 2018 dan tahun 2019 adalah tahun politik. "Sukses Pemilu 2019, salah satunya ditentukan oleh sukses pilkada ini," ujarnya. 


Khusus menyangkut data pemilih ini menurut Sapril adalah hulu dari persoalan Pemilu. 

Untuk itu KPU RI sebagai penyelenggara pemilu menegaskan bahwa yang punya hak pilih harus terdaftar dalam daftar pemilih. "Kegiatan coklit ini punya manfaat dan dampak yang besar terhadap daftar pemilih," ujar Sapril. 


Sapril menilai pelaksanaan coklit serentak di Kabupaten Kampar berjalan sukses dan lancar.  "Semua PPDP sudah memahami dan melaksanajan tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik," kata Sapril. 


Ditambahkan Sapril,  Opinion Leader Coklit serentak di Provinsi Riau adalah gubernur dan Kapolda Riau.  Sedangkan untuk di Kabupaten/Kota ada Bupati/Walikota dan Ketua DPRD.


Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Kampar Yatarullah mengharapkan dengan gerakan coklit serentak ini dapat meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada. "Dengan Coklit serentak ini diharapkan juga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada dan sekaligus dapat mensosialisasikan pilkada serentak kepada masyarakat," ujarnya. 


Disamping itu dengan gerakan coklit  serentak ini,  penyelenggara pemilu dapat menyajikan kepada masyarakat data pemilih yang lebih akurat dan valid.  "Apa yang kita lakukan saat ini manfaatnya cukup besar dalam mensukseskan pilkada Kabupaten Kampar, " ujar Yatarullah. 


Yatarullah mengaku bangga dan puas dengan hasil coklit di Kabupaten Kampar yang jauh melebihi target.  "Ini semua berkat kerja keras penyelenggara pemilu dan seluruh pihak yang mendukung.  Terimakasih atas kerja keras teman-teman PPDP,  PPS,  PPK dan KPU," ujarnya. 

Sumber : -

Laporan : Juliardi

Editor : Red

loading...
Post

Gubernur Riau Coklit Pertama

10 bulan yang lalu