Begini Aksi Tim Patroli Keamanan Sekolah SMP Kemala Bhayangkari Saat Atur Lalu Lintas Pagi Hari

Image
Monday, 22 January 2018 | 14:20:07 WIB


PEKANBARU (nusapos.com)- Aksi dari Tim Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dari siswa SMP Kemala Bhayangkari ini sempat menarik perhatian para pengguna jalan yang yang melintas di Jalan Kartini tepatnya di depan SMP Kemala Bhayangkari, Senin (22/1/2018).


Didampimgi oleh Kanit Dikyasa Satlantas Polresta Pekanbaru IPTU Akira Ceria, SIK empat siswa yang tergabung dalam tim PKS SMP Kemala Bahayangkari tersebut terlihat dengan cekatan mengatur arus lalu lintas. Pengaturan arus lalu lintas pagi itu dimulai sekitar pukul 06.30 wib saat para siswa mulai berdatangan ke sekolah.


"para siswa kita ajarkan 12 gerakan lalu lintas dan dilengkapi dengan seragam PKS serta menggunakan pluit yang digunakan saat mengatur arus lalu lintas", terang IPTU Akira Ceria, SIK.


Disampaikan lebih lanjut oleh Akira, para siswa yang ingin tergabung dalam kegiatan ektrakulikuler PKS tersebut harus melalui beberapa seleksi.


"seperti kerapian, fisik dan juga kita meminta rekomendasi dari para guru bagaimana kerajinan dan kehadiran siswa tersebut", jelas Akira.


Abdi Hidayat, salah seorang siswa kelas 9 yang telah bergabung selama 3 tahun menjadi anggota PKS di sekolahnya mengaku bangga dan senang karena PKS merupakan salah satu ektrakulikuler favorit disekolahnya. Ia juga mengaku pernah menjadi bagian tim PKS disekolahnya yang ikut menyambut kehadiran Ibu Kapolri saat berkunjung ke Kota Pekanbaru 

beberapa waktu lalu.


"bangga dan bisa bertemu serta bersalaman dengan ibu Kapolri", ujarnya.


Kepala Sekolah SMP Kemala Bhayangkari Drs. Mashuri saat ditemui diruang kerjanya mengatakan dari 125 anak didiknya ada 12 siswa yang tergabung dalam tim Patroli Keamanan Sekolah (PKS).


"kita sangat berterima kasih kepada Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru karena telah bersedia membina serta melatih siswa kita dan membentuk tim PKS. Anggota PKS itu sendiri setiap hari senin akan manjadi tim pelaksana upacara bendera hari senin dan juga membantu mengatur kelancaran arus lalu lintas di sekolahnya mulai pagi hingga usai upacara bendera senin pagi", ujar Mashuri.


Terpisah Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Rinaldo Aser, SH, SIK, mengatakan para siswa yang tergabung tim PKS ini selain diajarkan 12 gerakan lalu lintas juga dilatih keterampilan dalam hal baris berbaris serta menumbuhkan sikap disiplin dan kekompakan.


"siswa yang tergabung dalam PKS ini juga kita harapkan dapat menjadi pelopor tertib berlalu lintas terhadap lingkungannya baik di sekolah, keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya", pungkas Rinaldo.

Sumber : Humas Resta Pekanbaru

Laporan : Juliardi

Editor : Red

loading...