Diskes Pelalawan Pastikan Pelayanan Puskesmas II Pangkalan Kerinci Berjalan Normal

Image
Tuesday, 06 February 2018 | 09:30:36 WIB


PANGKALANKERINCI(nusapos.com)- Pasca terbakarnya salah satu ruang jaga puskesmas II Pangkalan Kerinci yang berada di kelurahan pangkalan kerinci barat Kabupaten Pelalawan pada Senin dini hari sekira pukul 01.00 wib, Dinas Kesehatan ( Diskes) Pelalawan memastikan bahwa kebakaran yang terjadi tidak akan mengganggu pelayanan puskesmas meski ruang yang terbakar diberi garis police line.

"Hari ini dilakukan pembersihan, besok pelayanan akan berjalan normal. Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan aparat. Seyogyanya itu ruang jaga dokter namun karena puskesmas belum 24 jam jadi diperuntukkan bagi penjaga puskesmas. Tidak ada alat diskes maupun obat - obatan yang terbakar karena ruang jaga yang terbakar isinya kasur, tv, lemari dan ac saja.Kebakaran diketahui oleh penjaga puskesmas yang sedang duduk di teras karena ada asap yang jeluar dari ruang jaga, " papar Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan dr. Endid R Pratiknyo kepada media ini, Senin 5 Februari 2018.

Saat ditanyakan puskesmas II Pangkalan Kerinci yang belum 24 jam, dikatakan Kadiskes bahwa registrasi dari Kemenkes baru keluar awal tahun ini dan tentunya berbagai persiapan harus disiapkan seperti alkes hingga tenaga medik.

"SDM yang Kita persiapkan dulu. Berbagai kebutuhan yang menunjang puskesmas II akan memberi pelayanan 24 jam akan dipenuhi. Untuk ruang yabg terbakar selaligus penambahan ruang lainnya akan dianggarkan pada APBD-P," ujarnya.

Sebelumnya, pada Senin pagi usai upacara bendera dan coffe morning Bupati Harris bersama Kepala OPD tepat pada pukul 09.00 wib meninjau dan melihat kondisi kebakaran yang hampir menghanguskan ruangan bangunan puskesmas.

Bupati Harris dampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Asril ,M.Kes serta Kapus dr.Diding Piliang, berkeliling dan melihat masih adanya kepulan asap diruangan dan masih tampak petugas damkar serta pegawai puskesmas kerinci II yang membersihkan ruangan dan serpihan pecahan kaca akibat kebakaran yang terjadi dini hari tadi.

Sementara itu, Sekretaris komisi I DPRD Pelalawan H.Abdullah yang juga ikut bersama Bupati berharap Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat nantinya tidak terganggu sembari menganalisa sebab kejadian ini , hal ini penting dan menjadi harapan bagi kita semua untuk mencegah hal serupa agar tidak terulang kembali.

Tampak hadir mendampingi Bupati Harris Anggota DPRD Pelalawan Komisi I H.Abdullah, Kadiskes Pelalawan dr.Endid Pratikno, Kadis Pol PP dan Damkar Abu Bakar,FE, Sekretaris Dinas Kesehatan Asril,M.Kes ,Kabid Komunikasi Kominfo dr.Ewwin Romel, Camat pangkalan Kerinci Fakhrurozi,M.Si, Lurah Kerinci Timur Erhas,M.Si dan Kasi Hubungan Media Kominfo Jhon Hendri,S.Sos.

Sumber : Gaungriau.com

Laporan : -

Editor : Red

loading...