Gubri Dampingi Presiden Jokowi Groundbreaking Tol Padang-Pekanbaru

Image
Friday, 09 February 2018 | 16:24:53 WIB

PEKANBARU (nusapos.com)- Presiden RI Joko Widodo Jumat (9/2/2018), melakukan groundbreaking jalan Tol Padang-Pekanbaru. Turut mendampingi Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

Groundbreaking ini dilaksanakan setelah Presiden Jokowi menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018 di Padang Sumatera Barat.

Dalam arahannya, presiden mengharapkan kedua provinsi bertetangga ini dapat bergotong royong dalam penyelesaian tol ini nantinya.

"Kita harapkan nantinya jalan tol yang menghubungkan antara dua provinsi bertetangga yakni Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat tersebut ditargetkan mulai difungsikan pada tahun 2019 mendatang, tol ini untuk masyarakat," kata presiden

Sebagaimana diketahui, untuk seksi satu tol tersebut akan menghubungkan Padang - Sicincin. Kemudian dilanjutkan seksi selanjutnya Sicincin - Payakumbuh, kemudian Payakumbuh - Bangkinang dan Bangkinang - Pekanbaru.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru ini sejarah yang mungkin tidak pernah terbayangkan oleh kedua provinsi baik Riau maupun Sumatera Barat.

"Tentu kita berterimakasih kepada pak Jokowi, yang telah membuka akses jalan tol Padang-Pekanbaru. Mimpi kita ini terwujud, peristiwa yang luar biasa. Jarak tempuh Pekanbaru-Padang hanya 2,5 sampai 3 jam," ujar Gubernur Arsyadjuliandi Rachman, Jumat (9/2/2018), di Padang.

Dikatakan Andi Rachman, sebelum grounbreaking, ia menyempatkan diri melihat langsung titik awal tol di Padang, tepatnya di Bypass. Dan ia telah menanyakan langsung ke Menteri PU, bahwa tol Pekanbaru-Padang ini hanya berjarak sekitar 220 km.

"Pembangunannya dikerjakan oleh ahli dari Jepang, mereka telah menghitung dan telah mempersiapkan tekhnologi yang canggih. Bayangkan saja dari jarak 300 Kilometer dijadikan 220 kilometer lebih tol yang akan dibangun. Nanti akan ada terowongan itu, tembusnya sampai ke Sicincin. Ini mimpi jadi nyata,"ungkapnya lagi.

Dengan dibukanya akses tol ini nanti kata Andi Rachman, akan terkoneksi dua pelabuhan yang akan semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumatera tengah. Daya saing akan semakin tumbuh, para investor akan menanamkan investasinya di kedua Provinsi.

"Pelabuhan Teluk Bayur dan Dumai akan bersatu, dan ini pusat pertumbuhan akan banyak terjadi efisiensi daya saing. Barang-barang yang dibawa baik dari Sumbar dan sebaliknya dari Riau tidak perlu lagi memutar melalui jalan yang jauh. Diperkirakan jarak tempuh Teluk Bayur-Pelabuhan Dumai hanya 5 sampai 6 jam," jelas Gubri.

"Banyak potensi-potensi besar yang ada di Riau, seperti Migas, perkebunan, industei pulp and paper. Dan sebaliknya, dari Padang ada semennya dibawa, Pariwisata yang dibawa. Dan keduanya saling menguntungkan. Jadi ini mimpi yanh betul-betul menjadi nyata bagi masyarakat Sumatera Tengah," tambah politisi Golkar ini.


Sumber : Mcr

Laporan : -

Editor : Red


loading...
Post
Pekanbaru
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Kabarpolri
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Kabarpolri