Azis Zaenal : BPD harus jadi Motivator pembangunan Desa

Image
Friday, 16 February 2018 | 20:27:30 WIB


Bangkinang Kota (nusapos.com)-Bupati Kampar H Azis Zaenal  SH MM mengukuhkan dan membuka rapat Koordinasi Forum Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Kampar Tahun 2018 yang juga didampingi Kepala Dinas Pembedayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kampar Febrinaldi di Stanum. Jumat, 16/2/2018.

“BPD jangan menjadi provokator namun harus menjadi motivator dalam mengawasi gerak pembangunan desa dan mampu berkerjasama dengan kepala desa dalam membangkitkan roda pemerintah desa yang lebih baik” ujar Azis saat memberikan sambutannya.

Bupati Kampar mengajak seluruh BPD agar membangun negeri dengan bersama-sama karena BPD adalah merupakan wujud yang absolute dari warga desa

“Bangun negeri ini sama-sama, karena BPD merupakan wujud absolute dari pada warga desa, DPRnya desa, juga MPRnya desa yang berkedudukan sejajar dengan kepala desa, Cuma jabatannya beda, BPD sebagai legislator sedangkan kepala desa sebagai eksekutor pelaksanan dari aturan yang Bapak-Bapak sepakati dengan kepala desa,” tegas Bupati Kampar.

Bupati Kampar juga mengatakan BPD harus memusyawarahkan dalam memutuskan segala sesuatu untuk kebaikan masyarakat dengan kepala desa. “Jadi Bapak-bapak berunding bermusyawarah bagaimana memajukan desa, karena BPD ini kan Badan Musyarawarah Desa, apa yang akan kita buat, aturan apa yang baik, bermanfaat untuk masyarakat dan setelah disepakati diserahkan kepada kepala desa kemudian dia yang menjalankan, mengawas,” ucap Azis

Dijelaskannya, kalau di DPRD ada tiga fungsinya, pertama membuat aturan bersama dengan pemerintah, kedua mengawasi jalannya pemerintah dan yang ketiga bugheting, menentukan bughet apa yang kita bangun.”Begitu juga dengan BPD, jadi hanya tiga, jangan bapak minta nanti, anggaran kepada kepala desa kemudian kami (BPD) yang mengerjakan, ini salah,”tegas Azis

Bupati juga mengajak BPD untuk bekerja ikhlas, dan mengharapkan dengan terbentuknya Forum BPD ini dapat terus menjalin sinergisitas dengan Pemerintah Daerah, instansi terkait terutama di desa, ditambah lagi dengan Asosiasi Pemerintah Desa.

“Kita harus berperan dalam hidup ini, kalau tidak jadi motivator jangan jadi provokator, kita hadir untuk orang lain, karena sebaik-baiknya orang adalah orang yang bermanfaat untuk orang lain,”ajak Bupati Kampar yang selalu memotivasi jajarannya untuk bekerja dengan ikhlas bekerja untuk memajukan Kabupaten Kampar ini.

Bupati juga meminta agar BPD mampu membuktikan keberadaannya di tengah-tengah masyarakat dan dapat bekerjasama dengan kepala desa serta setiap pembangunan yang dilaksanakan sejalan dengan pemikiran dan kehendak masyarakat sehingga desa yang lebih baik, lebih sejahtera dan lebih makmur.

Sumber : Humas Kampar

Laporan : Juliardi

Editor : Red

loading...
Post

Setetes Darah Sejuta Harapan

5 bulan yang lalu