Disparbud Rohul Jadikan Bendungan Sei Kepayang Jadi Destinasi Wisata Air

Image
Tuesday, 20 February 2018 | 07:50:51 WIB


ROKAN HULU (nusapos.com)-Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berencana akan menjadikan bendungan Sei Kepayang jadi destinasi wisata air. Hal itu dilakukan mengingat bendungan yang dibangun melalui APBN tahun 2017 itu selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Destinasi wisata bendungan Sei Kepayang yang terletak di Desa Rambah Utama DU SKPA, Kecamatan Rambah Samo kian ramai dengan adanya sarana permainan perahu karet. Sedikitnya, ada ratusan wisatawan lokal dan luar daerah yang datang ke tempat ini setiap pekannya. 

Menurut Kepala Disparbud Rohul, Yusmar Yusuf MSi kepada wartawan, Senin (19/2/2018) menyampaikan, bahwa selama ini obyek wisata bendungan Sei Kepayang tersebut dikelola oleh perorangan. Terkait hal itu, pemerintah desa, kecamatan dan masyarakat setempat meminta pengelolan dilakukan oleh pemerintah daerah melalui dinas terkait.

"Kita lagi menunggu adanya Surat Keputusa (SK) dari Pemerintah Desa Rambah Utama tentang pengangkatan pengurus Kelompok Sadar Wisata  (Pokdarwis). Karena dari SK Pengurus Pokdarwis, dasar kita menjadikan Bendung Sei Kepayang Objek wisata Resmi pengelolaannya," kata Yusmar.

Sebelumnya dari keterangan tokoh masyarakat Desa Rambah Utama menyampaikan bahwa obyek wisata bendungan Sei Kepayang itu memiliki kedalaman 2 hingga 4 meter. Perlu pengelolaan dan pengawasan yang ekstra dari dinas terkait, untuk menghindarkan hal yang tidak diinginkan.

"Dengan adanya pengelolaan langsung dari Pemda Rohul, ada jaminan bagi para pengunjung. Apalagi, bendungan ini cukup dalam, perlu lah pengawasan ektra buat wisatawan," pintanya Heri Susanto.

Kemudian, pria yang juga pejabat RT di Desa Rambah Muda itu menambahkan, banyak keuntungan yang dapat diperoleh desa jika nantinya obyek wisata tersebut dikelola langsung oleh Pemda Rohul.

"Pendapatan yang diperoleh bisa menambah pendapatan asli desa (PAD), dan warga bisa mencari rezeki dengan berjualan," tambahnya.

Lebih jauh disampaikannya, untuk sewa perahu karet di sana dipatok harga bervariatif mulai dari 5 ribu untuk ukuran kecil dan 40 ribu ukuran besar. "Ini potensi besar buat daerah dan warga kami. Tapi, harus dikelola dengan benar, agar pengunjung terus meningkat," pintanya.

Sumber : mcr

Laporan : -

Editor : Red

loading...