Gatot Nurmantyo Banyak Dilirik Partai Politik, Nyapres?

Image
Monday, 05 March 2018 | 10:13:18 WIB


JAKARTA (nusapos.com)- Nama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tengah dilirik sejumlah partai politik untuk dijagokan dalam bursa pencalonan presiden dan wakil presiden untuk Pemilu 2019. Sejauh ini ada dua parpol yang sudah menyatakan keinginannya, yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai salah satu parpol pendukung pemerintah belum mau berkomentar terkait isu ini.

"Itu wilayah kewenangan ketua umum. Kami tak boleh berspekulasi terlalu jauh. Saya kira selain tidak sesuai dengan fatsun politik, ini belum saatnya," ujar Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno Rabu kemarin dikutip dari Okezone.com

Menurut Hendrawan masih banyak pekerjaan yang musti diselesaikan Presiden Joko Widodo dan jajaran kabinetnya, ketimbang menggulirkan isu pencapresan di masa saat ini.

"Sebab kalau kami menggebu-gebu soal politik, sementara pekerjaan kabinet terlalu banyak. Itu tidak terlalu produktif jadinya," jelas Hendrawan.

Soal PDIP apakah akan kembali mendukung Jokowi, Hendrawan mengatakan hal itu sudah tak usah ditanyakan lagi. Sementara soal Gatot, PDIP menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kalau Pak Gatot masuk radar semua partai menjadi pembicaraan publik wajar saja karena panglima TNI. Tapikan bukan pak Gatot saja, masih ada yang lain. Biarlah partai dengan mekanismenya menyampaikan calon dan pasangan calonnya," tuturnya.

Seperti diketahui, ‎Partai Nasdem mulai ‎menggadang-gadangkan Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo untuk mendampingi Presiden Jokowi di Pilpres 2019. Pasalnya, ‎Nasdem meyakini Wakil Presiden Jusuf Kalla tak akan bersedia maju di Pilpres mendatang.

Politisi Nasdem Teuku Taufiqulhadi menilai, Gatot Nurmantyo ‎merupakan sosok yang mumpuni mendampingi Presiden Jokowi setelah ‎memasuki pensiun pada Maret 2018. "Sejauh ini, di mata kami, yang cukup baik adalah Pak Gatot Nurmantyo, yang menjabat sebagai Panglima TNI sekarang," katanya.

Selian NasDem, Partai Amanat Nasional (PAN) pun kepincut dengan sosok Gatot agar maju dalam gelaran Pilpres 2019. Ketua DPP PAN sekaligus Anggota Komisi II DPR RI, Yandri Susanto mengungkap, partainya sedang melirik Gatot Nurmantyo karena melihat selama ini salah satu sumber kepemimpinan datang dari kalangan militer.

“Semuanya saya kira sudah lengkap. Saya rasa tidak perlu diragukan lagi ya. Apalagi, seseorang untuk mencapai jabatan panglima itu kan sungguh luar biasa tahapannya. Itu menurut saya ukuran yang sangat objektif untuk orang itu layak atau tidak menjadi kepala negara,” urai Yandri.

Sementara Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo enggan berkomentar terkait adanya lirikan partai politik yang ingin mengusungnya dalam bursa calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu Presiden 2019.

"Nggak ada tanggapan, nggak ada tanggapan," singkat Gatot di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Sumber : Gaungriau.com

Laporan : -

Editor : Red

loading...