Kelemahan Indonesia Kurang Pandai Kemas Produk

Image
Friday, 13 April 2018 | 07:56:52 WIB


PANGKALANKERINCI (nusapos.com)-Selama ini ada titik kelemahan Indonesia dalam memasarkan objek wisata maupun dalam memasarkan berbagai produk pariwisata dibandingkan negara tetangga. Pernyataan itu diungkapkan Hendaris dari dari Lembaga Sertifikasi Provinsi saat menjadi Narasumber dalam memberikan pembekalan  dihadapan  komuitas pariwisata kabupaten Pelalawan, diacara pelatihan pemasaran pariwisata digelar Dinas Pariwisata Provinsi Riau dilaksanakan digedung Daerah Mangkudiraja Pangkalan Kerinci Kamis (12/4/2018).

Menurut Hendaris, kalau dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia yang pandai memanfaatkan berbagai produk  wisata yang dikemas untuk dipasarkan oleh masyarakat pada para pengunjung yang disetiap lokasi objek wisata dinegaranya. "Kalau dinegara kita terdapat ada kelemahan dimana masyarakatnya yang tinggal didaerah disetiap lokasi objek wisata kurang pandai mengemas produk-produk wisata yang dipasarkan pada para pengunjung  wisata, baik bagi para pengunjung wisata lokal maupun mancanegara.

Untuk itu,masyarakat yang berada didaerah lokasi objek wisata seperti kabupaten Pelalawan terkenal lokasi objek wisata bono, maka masyarakat kabupaten Pelalawan harus punya kemampuan lebih kreatif dan trampil memanfaatkan peluang dengan bisa mengemas produk-produk wisata untuk bisa dipasarkan pada para pengunjung wisata yang datang menikmati keindahan objek wisata didaerah kita," tegas Hendaris ratusan komunitas wisata di kabupaten Pelalawan.

Sementara Asral salah seorang peserta pelatihan pemasaran produk wisata dari komunitas pesona Indonesia mengaku bahwa acara seperti digelar pihak Dinas Pariwisata Riau dikabupaten Pelalawan seperti sekarang ini kurang bermanfaat sekali karena hanya bersipat teoritis disajikan narasumber pada peserta acara yang hadir.

"Sebaiknya kalau acaranya berorientasi pada pemasaran produk wisata maka yang harus disajikan pada peserta komunitas wisata ini pemberian pelatihan berbagai keterampilan usaha pengembangan teknik pengemasan bermacam produk wisata didaerah Pelalawan ini untuk dipasarkan pada para pengunjung objek wisata sehingga bisa masyarakat bisa kreatif bisa trampil membuat dan mengemas hingga bisa memasarkan berbagai produk wisata yang ada di Pelalawan. Jadi bukan disajikan pada kami sebagai komunitas wisata kabupaten Pelalawan karena hanya habiskan waktu namun tidak menciptakan hasil sama sekali,"kritis seorang komunitas wisata Pelalawan sentil kegiatan acara digelar pihak Dinas Pariwisata Riau Di Pelalawan.

Sumber : -

Laporan : Suhemri Hasan

Editor : Red

loading...
Post

Polisi Ringkus 2 Pengedar Shabu

1 minggu yang lalu
Post

Polisi Ciduk 3 Pelaku Narkoba

1 minggu yang lalu