Sambut Ramadhan 1439 Hijriah, RPPM Rohul Gelar Silaturahmi dan Santuni Anak Yatim

Image
Sunday, 13 May 2018 | 21:32:49 WIB


ROKAN HULU (nusapos.com)-Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah, Rumpun Pemuda Pelajar Mahasiswa (RPPM) Rokan Hulu (Rohul) gelar silaturahmi sekaligus santuni anak yatim dari Panti Asuhan Al Khoiriah Pasir Pengaraian, Ahad (13/5).

Baca Juga :MTsN 2 Rokan Hulu Bertekad Pertahankan Prestasi Adiwiyata

Kegiatan dengan tema 'Silaturahmi menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H, santunan anak yatim sekaligus berlimau bersama' dilaksanakan di Aula Kantor Lembaga Adat Melayu Riau (LAM) Rohul ini dihadiri Bupati Rohul H. Sukiman diwakili Kepala Disparbud Rohul Drs Yusmas, M. Si, Pengurus LAM Rohul Ustad Yulihesman, S. Ag, Ketua Hulubalang Rohul Syafaruddin Poti, SH dan Dewan Pembina RPPM Rohul Amin Syukri, S. Kom.

Turut hadir juga Presiden UPP Anton Adi Putra beserta jajaran,  Perwakilan organisasi GMPTT Tambusai, Perwakilan Himarohu Riau dan para mahasiswa Rohul Pekanbaru serta sekitar 27 anak yatim piatu Panti Asuhan Al Khoiriah Pasir Pengaraian.

Dalam sambutannya, Presiden RPPM Rohul M. Syukri mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang tertuang dalam program kerja dalam kepengurusan RPPM Rohul yang saat ini dipimpinya.

Pada kesempatan itu, Syukri mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada pihak donatur kegiatan diantaranya, LAM Riau Rohul, HKR Pekanbaru yang telah membantu sehingga kegiatan ini dapat terlaksana sebagaimana mestinya.

Syukri berharap dengan adanya kegiatan silaturahmi ini, mudah-mudahan dapat lebih mendekat diri antara mahasisa Rohul yang ada di Pekanbaru serta menjalin kerjasama yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Rohul. 

"Kemudian kami segenap pengurus RPPM Rohul juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah bekerja keras sehingga terlaksananya kegiatan ini,"sebut Syukri.

Kesempatan sama, Dewan Pembina RPPM Rohul Amin Syukri mengatakan sangat apresiasi kegiatan silaturahmi antara Mahasiswa Rohul di Pekanbaru dengan Pemkab Rohul ini. Hal ini membuktikan bahwa RPPM Rohul hingga kini masih eksis dan masih memberikan kontribusi kepada daerahnya.

"Kita ketahui bersama, RPPM Rohul ini sudah berusia 13 tahun sejak terbentuk tahun 2005 silam. Hingga kini masih menjalankan tugasnya sebagai Agent Of Change dan Sosial Control. Ini patut kita apresiasi,"katanya.

Pada kesempatan itu selaku salah seorang yang dituakan di organisasi Mahasiswa Rohul itu, berharap bahwa kegiatan serupa tidak hanya dilakukan pada saat akan menyambut bulan suci Ramadhan saja. Namun silaturahmi ini wajib dilakukan setiap ada kesempatan.

"Sebagai mahasiswa, kita harus menjaga hubungan baik dengan Pemkab. Pasalnya untuk berkembangnya suatu daerah, ada peran mahasiswa di situ,"sebutnya.

Sementara, mewakili Bupati Rohul H Sukiman, Kepala Disparbud Rohul Drs Yusmar mengatakan, sangat bangga kepada Mahasiswa khususnya yang tergabung di RPPM Rohul-Pekanbaru, yang hingga kini memiliki niat dan menciptakan ide ide cemerlang serta mendukung guna memajukan daerahnya.

Menurut Yusmar, RPPM Rohul hari ini telah memberikan kontribusi dalam mengembangkan Budaya dan Pariwisata di Rohul. Dia juga menyebutkan, sudah 20 tahun pasca reformasi, bukan saatnya lagi mahasiswa itu terkesan mencari cari kesalahan dengan dalih sosial control. 

Namun, menurutnya lagi, kini saatnya mahasiswa itu harus memiliki pandangan jauh kedepan dengan cara memberikan masukan serta ide ide cemerlang kepada pemerintah daerah demi majunya suatu daerah tersebut.

"Sesuai dengan motto Pariwisata dan Kebudyaan Rohul, yaitu bangkit budayaku, maju negeriku. Jadi marilah kita bangkit budaya kita bukan budaya asing, dengan cara memperkuat budaya kita,"kata Yusmar.

Ditambahkan Yusmar, di daerah dengan julukan "Negeri Seribu Suluk" ini sangat membutuhkan ide dan masukan dari Mahasiswa. Pasalnya, untuk mempromosikan Pariwisata dan Budaya itu tidak hanya menjadi tanggung jawab daerah saja, melainkan Mahasiswa juga harus berperan aktif untuk itu.

"Mari duduk bersama, mari kita promosikan dan mari kita kembangkan Pariwisata dan budaya kita ini,"harapnya kepada mahasiswa. 

Usai memberikan tausiah, Ustad Yulihesman yang juga mewakili LAM R Rohul melakukan berlimau bersama kepada perwakilan anak yatim piatu dari Panti Asuhan Al Khoiriah sekaligus menyerahkan santunan. 

Sumber : -

Laporan : Sugiyanto/amn

Editor : Red

loading...