Surau TV

Banner

Ikut Berlaga di Asian Games XVIII Jakarta-Palembang

Bupati Amril Mukminin Kembali Ajak Warganya Dukung 7 Atlet Bengkalis untuk Indonesia

Image
Monday, 20 August 2018 | 08:10:24 WIB


Bengkalis-Perhelatan Asian Games XVIII, sudah resmi dibuka. Opening ceremony event olah raga terbesar se Asia itu, ditaja Sabtu malam lalu, 18 Agustus 2018, di SUGBK (Stadion Utama Gelora Bung Karno), Jakarta.

Bagi Kabupaten Bengkalis, kompetisi antar atlet-atlet terbaik dari 45 negara dan akan berlangsung hingga 2 September mendatang, menorehkan catatan tinta emas tersendiri.

Pasalnya, dari 25 atlet Riau yang "disumbangkan" memperkuat tim Merah Putih, 7 orang (bukan 6 orang seperti diinformasikan sebelumnya) diantaranya berasal dari anak watan kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.


Ke-7 putra-putri terbaik dari Kabupaten Bengkalis yang memperkuat kontingen Indonesia pada event olahraga yang mempertandingkan 40 cabang olahraga (cabor) tersebut adalah M Fatah Prasetyo, M Zulfikar, M Fajri, M Zuhdi, Megawati dan Nurul Aini. Mereka berenam merupakan atlet anggar.

Sedangkan satu lagi atlet dari daerah ini adalah Sutini. Dia bakal memperkuat tim sepak takraw putri Merah Putih. Tahun 2017 lalu, di ajang Sea Games XXIX di Kuala Lumpur, Malaysia, Sutini juga memperkuat kontingen Garuda.

Bupati Amril Mukminin kembali mengajak seluruhnya warganya mendoakan dan mendukung kontingen Indonesia agar memperoleh medali sebanyak-banyaknya.

Dukungan dimaksud tentunya secara khusus buat atlet-atlet yang berasal dari Riau. Lebih utama lagi untuk ke-7 "Budak Bengkalis" tersebut.

“Mari kita beri dukungan untuk atlet-atlet Riau, khususnya atlet dari Bengkalis yang akan berlaga di Asian Games XVIII 2018 ini. Mari kita doakan semoga mereka dapat menyumbangkan medali untuk kontingen Indonesia, mengharumkan Riau dan Bengkalis di tingkat nasional dan internasional,” ujar Bupati Amril.

Seperti dikutip Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis, harapan mantan Kepala Desa Muara Basung itu disampaikannya, Ahad pagi, 19 Agustus 2018.

Sebelum ini, ajakan senada pernah disampaikan Bupati Amril pada sepuluh hari lalu. Yaitu, saat mengikuti saat upacara saat upacara peringatan Hari Jadi ke-61 Provinsi Riau, Kamis, 9 Agustus 2018, di halaman kantor Gubernur Riau di Pekanbaru.

Ditambahkan Johan, Bupati Amril juga berencana akan memberikan dukungan secara langsung kepada ke-7 atlet asal Bengkalis tersebut saat mereka berlaga. 

Namun demikian, mantan Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Bengkalis ini belum dapat memastikan kapan rencana tersebut direalisasikan.

"Rencana Bupati Bengkalis untuk itu ada. Namun pastinya kapan, kami belum tahu. Sepengetahuan kami, Bupati Bengkalis sudah menugas Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga untuk mencari waktu yang tepat," imbuh Johan.

Sekedar informasi, pada Asian Games XVIII tahun 2018 ini, Indonesia diperkuat 938 atlet dan 365 ofisial yang mengikuti 40 cabang olahraga.

Adapun total medali emas yang akan diperebutkan seluruh negara peserta sebanyak 465 medali. Sedangkan target Indonesia adalah masuk 10 besar dengan target medali emas minimal 16 medali.

Sebagai tuan rumah, Asian Games XVIII ini merupakan yang kedua kalinya bagi Indonesia. Sedangkan yang pertama tahun 1962 atau 56 tahun silan.

Saat kali pertama menjadi tuan rumah, Indonesia menempati posisi kedua klasemen medali berkat torehan 21 emas, 26 perak, dan 30 perunggu.

Sementara pada Asian Games XVII di Incheon, Korea Selatan yang berlangsung 19 September-4 Oktober 2014, Indonesia berada di posisi ke-17 dengan 20 medali. Yakni, 4 emas, 5 perak dan 11 perunggu.

Untuk negara-negara di Asia Tenggara, perolehan medali Indonesia di Incheon berada di posisi ke-4 setelah Thailand (47 medali; 12 emas, 7 perak dan 28 perunggu), Malaysia (33 medali; 5 emas, 14 perak dan 14 perunggu) dan Singapura (24 medali; 5 emas, 6 perak dan 13 perunggu).

Adapun juara umum Asian Games XVII adalah Republik Rakyat Tiongkok dengan 342 medali yang terdiri dari 151 emas, 108 perak dan 83 perunggu. Sedangkan juru kunci negara Nepal yang hanya memperoleh 1 medali perunggu.

Saat Asian Games XVII, jumlah negara yang menjadi peserta juga 45 negara. Sama dengan Asian Games XVIII. Namun yag berhasil memperoleh medali hanya 37 negara.

Total perolehan medali pada Asian Games XVII sebanyak 1.454 dengan rincian 439 emas, 439 perak dan 576 perunggu dari 36 cabor yang dipertandingkan.

Sumber : rls

Laporan : -

Editor : Red

loading...