Surau TV

Banner

Rohil Raih Penghargaan "Proklim" 2018

Image
Friday, 26 October 2018 | 08:32:33 WIB


ROHIL - Pemerintah kabupaten Rohil kembali meraih penghargaan dari Kementerian LHK sebagai salah satu daerah yang berhasil mengembangkan Program kampung iklim "ProKlim" 

Penghargaan itu langsung diterima Wakil Bupati Rohil Jamiludin, di Gedung Auditorium Manggala Wana Bakti, di Jakarta, Kemarin.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rokan Hilir, Suwandi, ketika dikonfirmasi, Kamis (25/10/2018), di Bagansiapiapi,  mengatakan penghargaan diberikan atas prestasi serta dukungan pemerintah daerah dalam membina wilayah kepenghuluan/kelurahan dusun dan Rt/Rw dalam meminimalisir pemanasan global.

Selain itu diharapkan sanggup menghadapi perubahan iklim yang ekstrim dan terus dilakukan. Beberapa upaya di antaranya melalui pembuatan biopori, sumur resapan, penghijauan dalam lahan terbatas, menjaga lingkungan bersih, pengolahan sampah rumah tangga menjadi kompos, hingga lubang resapan biopori.

Suwandi menambahkan sejak di gulirkan program kampung iklim tahun 2012, Kabupaten Rokan Hilir sudah mendapatkan penghargaan 9 "Proklim utama, yakni tahun 2012 ada 1 lokasi, kemudian tahun 2015 ada 1 lokasi, selanjutnya tahun 2016 ada 3 lokasi, dan tahun 2017 ada 3 lokasi, terakhir tahun 2018 ada 1 lokasi.

"Alhamdulilah, kementerian LHK juga memberikan penghargaan untuk Dusun Cibaliun, kepenghuluan Balai Jaya, Kecamatan Balai Jaya sebagai proklim utama," jelasnya.

Dikatakan, keberhasilan ini tidak terlepas peran serta perusahaan yang ada, dan DLH secara terus menerus melakukan pembinaan di lokasi yang selama ini punya potensi untuk mengembangkan kampung iklim dengan menerapkan konsep mitigasi dan adaptasi.

"Setiap tahun kita melakukan pembinaan dan supervisi ke lokasi yan selama ini melakukan dan melaksanakan proklim," tegas Suwandi.

Lanjutnya, wilayah baik itu utk tingkat kepenghuluan kelurahan,dusun, hingga Rw Rt yang telah melaksanakan mitigasi dan adaptasi sudah bisa dikatakan sebagai kampung iklim.

Sebelumnya Wabup Jamiludin mengapresiasi kepada pembina proklim kabupaten, perusahaan dan penggiat proklim yang selama ini secara terus menerus melaksanaan mitigasi n adaptasi melalui proklim.

Kedepan diharapkan dapat memotivasi semua pihak dlm mengembangan proklim di masing masing wilayah di kabupaten Rokan Hilir. 

Sumber : MC Riau

Laporan : -

Editor : Red

loading...