Surau TV

Banner

Bupati Rohul Serahkan Bantuan Secara Simbolis Kepada Pasien Kurang Mampu

Image
Thursday, 20 December 2018 | 13:55:52 WIB


ROHUL – Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman Kamis (13/12/2018), menyerahkan bantuan berupa uang secara simbolis kepada pasien kurang mampu yang dirawat selama tiga hari di ruang rawat inap kelas III Cempaka dan Dahlia RSUD Rokan Hulu.

Bantuan yang disalurkan orang nomor satu Rohul itu, berasal dari bantuan Baznas Rokan Hulu yang disiapkan untuk 50 pasien kurang mampu yang dirawat di kelas III, kendati mereka mendapatkan pelayanan BPJS Kesehatan di RSUD Rohul.

Karena selama pasien dirawat di ruang kelas III RSUD Rohul, untuk biaya makan dan minum selama dirawt khsuusnya keluarga yang menunggu tidak mendapat tanggungan. Sehingga dengan adanya bantuan Baznas yang disalurkan itu, dapat sedikit meringankan beban dari keluarga Pasien.

Disamping, dana itu dapat membantu biaya anaknya sekolah. Karena selama pasien dirawat, keluarga tidak bisa berusaha.

Terlaksananya penyaluran bantuan bagi pasien kurang mampu untuk 50 orang perbulan, terutama bagi pasien yang dirawat di ruang kelas III selama tiga hari itu, sebagai tindaklanjut dari pelaksanaan MoU antara Baznas Rohul dengan RSUD Rohul tentang bantuan pasien kurang mampu yang dirawat diruang kelas III RSUD Rohul.

Bupati Rohul H Sukiman menyebutkan, pemerintah daerah memberikan apresiasi dan menyambut baik MoU yang dilakukan antara Baznas dengan RSUD Rohul dalam rangka membantu meringankan beban pasien yang dirawat di ruang kelas III di RSUD Rohul.

Karena bantuan yang diberikan sebesar Rp500 ribu per pasien yang dirawat ruang kelas III selama tiga hari itu, sangat membant keluarga. Sebab selama pasien dirawat, keluarga yang menunggu pasien membutuhkan biaya makan dan minum. Disamping anak mereka yang sekolah juga membutuhkan biaya.

Dia mengharapkan, bantuan untuk pasien kurang mampu yang dirawat di ruang kelas III RSUD Rohul ini berlanjut dan berkesinambungan. Karena bantuan yang diterima pasien sangat membantu dalam meringankan biaya hidup selama keluarga pasien dirawat.

"Kita berharap Baznas bisa bekerjasama dengan Dinas Perumahan dan Kawasanan Pemukiman Rohul untuk melakukan bedah rumah. Dalam rangka membantu masyarakat kurang mampu dal;am mendapatkan rumah layak huni,’’ ujarnya.

Sukiman menjelaskan, sumber datangnya penyakit tidak saja dari penggunaan air bersih yang dikomsumsi, sanitasi juga lingkungan rumah tinggal yang layak dan bersih. Sehingga dengan adanya program bedah rumah dari Baznas, dapat membantu tugas pemerintah daerah dalam rangka memberikan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Direktur RSUD Rokan Hulu dr Novil kepada wartawan, Kamis, (13/12) menyebutkan, pelaksanaan MoU antara Baznas dan RSUD Rokan Hulu sebagai bentuk komitmen dalam membantu meringankan biaya hidup pasien kurang mampu yang dirawat di ruang kelas III RSUD Rohul khususnya bantuan itu bagi pasien yang dirawat selama tiga hari.

Karena bantuan Rp500 ribu per pasien yang disalurkan itu, dapat meringankan beban keluarga pasien, yang setiap hari membutuh makan dan minuman. ‘’Untuk penetapan pasien kurang mampu yang dirawat diruang kelas III itu, ditentukan bersama Tim Baznas dan RSUD Rohul. Sehingga tidak ada intervensi dari pihak lain. Jadi setiap bulan, ada bantuan Baznas untuk pasien kurang mampu sebanyak 50 pasien setiap bulan," ujarnya.

Meski, lanjutnya, dalam bulan desember ini sudah ada pasien kurang mampu yang dirawat selama tiga hari diruang kelas III RSUD Rohul sudah keluar, namun bantuan itu tetap disalurkan kepada keluarga pasien tersebut, jika bantuan untuk 50 pasien tersebut tidak terpenuhi hingga 31 Desember mendatang.

Sumber : -

Laporan : yef

Editor : Red

loading...