Surau TV

Banner

Peduli Pengendara, PAC PP Ujung Batu Perbaiki Jalan Rusak dan Berlobang Dalam Kota

Image
Sunday, 23 December 2018 | 13:24:53 WIB


ROKAN HULU--Pengendara yang melintas di Jalan dalam Kota Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) harus memperlambat kecepatan kendaraannya. Bukan karena ada pesta pernikahan yang memakai sebagian ruas jalan, atau pun adanya kegiatan Polisi Lalu Lintas. 

 

Namun, ruas jalan jalur dua di sekitaran kota Ujung Batu yang kondisinya rusak parah dan berlobang serta memprihatinkan ini sedang diperbaiki dengan ditambal sulam. Bukan dari Pemerintah daerah setempat, melainkan dari salah satu organisasi kepemudaan di daerah itu.

 

Perbaikan jalan rusak tersebut juga bukan dari kontraktor yang sering memenangkan tender perbaikan jalan di Kabupaten Rohul, melainkan berasal dari pengurus dan anggota Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Ujung Batu.

 

Meski cuaca cukup terik, puluhan pria berpakaian warna oranye hitam bermotif loreng itu terlihat turun ke jalan bergotong royong, mulai dari membersihkan material pasir batu (sirtu) yang berserakan sebelum kemudian disiram dengan aspal dan diratakan dengan cara manual. 

 

Ketua PAC PP Ujung Batu Jonidal mengatakan, lokasi jalan rusak yang dilakukan penambalan mulai dari ruas jalur dua Simpang Siabu sampai depan Rumah Sakit Awal Bros Kelurahan Ujung Batu, dan jalan menuju Desa Ngaso, kemudian lanjut ke ruas jalur dua Jalan Sudirman Desa Ujung Batu Timur.

 

"Aspal yang kita gunakan dibeli dari Pabrik Aspal UKL sebanyak 7 Ton, anggarannya sekitar 12 juta. Dana tersebut murni dari organisasi, tanpa minta-minta bantuan proposal dari pihak-pihak," kata Jonidal, Sabtu (22/12).

 

Pria yang akrab disapa Ujang Datuk ini menerangkan, kegiatan ini berawal dari rasa empati PAC PP Ujung Batu melihat banyak korban Lakalantas akibat mengelak jalan berlobang di jalan protokol tersebut. Akibat mengelak lobang, bukannya selamat, malah terjatuh dan cedera.

 

"Aksi ini berangkat dari keluhan masyarakat sudah banyak pengendara khususnya sepeda motor yang jadi korban akibat menghindari lobang jalan," terang Ujang Datuk.

 

Lanjut Ujang Datuk, giat tersebut juga untuk memudahkan pemudik luar daerah yang akan merayakan Liburan, baik perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 melalui jalur Ujung Batu-Pasir Pengaraian.

 

"Sebentar lagi kan masuk musim liburan, semoga saudara-saudara kita yang lewat jalur sini tidak terganggu," sebutnya.

 

Ditanya mengapa harus melaksanakan kegiatan yang merupakan tanggungjawab Pemerintah, dirinya mengaku tidak mempersoalkan hal itu, melainkan lebih kepada memikirkan keselamatan jiwa masyarakat. 

 

"Kami tidak salahkan pemerintah, mungkin pemerintah banyak kerja, jadi kami turun membantu warga yang ada di wilayah teritorial PAC Ujung Batu," ungkapnya.

 

Dirinya mengajak seluruh organisasi kemasyarakatan khususnya PAC PP di kecamatan lainnya untuk ikut memberi sumbangsih kepada daerah dan masyarakat, salah satunya dengan melaksanakan kegiatan sosial di lingkungan masing-masing. 

 

"Dan kepada generasi muda, kami berpesan hendaknya mengikuti aturan ketika sedang berkendara. Bagi orang tua kami mohon jangan mengijinkan anaknya berkendara jika masih dibawah umur," ajak Ujang Datuk.

 

Pada kegiatan sosial tersebut tampak hadir juga Wakil Ketua PAC PP Ujung Batu Zesri Arlis, Sekretaris Ical Marabai, Bendahara Yogi Fitno, Ketua Ranting Kelurahan Ujung Batu Hamdi, Desa Ujung Batu Timur Branes Sitepu, Ngaso Richard, Pematang Tebih Samwil Oyong dan Desa Sukadamai Iskandar.

 

Kegiatan sosial oleh PAC PP Ujung Batu mendapat respon positif dari masyarakat salah satunya dari Ketua Pemuda Desa Sukadamai Asdinover sangat mengapresiasi kegiatan tambal jalan yang rusak. Melalui giat itu, membuktikan bahwa organisasi Pemuda Pancasila berguna bagi masyarakat banyak. 

 

"Ini akan merubah imej negatif masyarakat selama ini, PP yang sekarang bisa memberi kontribusi nyata buat lingkungan masyarakat, apalagi sejak dipimpin Jonidal Ujang ini,"sebutnya.

 

Terpisah, Camat Ujung Batu Arie Gunadi SSTp mengaku sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilakukan Ormas PP, yang telah peduli dengan kondisi jalan dalam kota Ujung Batu yang rusak dan berlobang. 

 

"Pada prinsipnya kita sangat mendukung organisasi masyarakat PP, karena telah peduli dengan kerusakan jalan yang sudah banyak membuat kejadian kecelakaan," kata Arie.

 

Kendati demikian, lanjut Arie, ia berharap kepada Pemprov Riau untuk meningkatkan jalan dalam kota Ujung Batu tersebut, sebab penambalan jalan yang dilakukan saat ini hanya bersifat tanggap darurat. 

 

"Kondisi jalan dalam kota Ujung Batu sudah banyak yang berlobang. Kita berharap, dibawah Gubernur yang baru, Pemprov Riau jauh lebih peduli dengan kondisi jalan Ujung Batu," harap Arie.

Sumber : -

Laporan : Amn

Editor : Red

loading...