Surau TV

Banner

Gubernur Riau Terpilih Berharap Biaya Perjalanan Dinas Ditekan

Image
Wednesday, 23 January 2019 | 08:36:19 WIB


PEKANBARU - Gubernur Riau terpili, H Syamsuar menyebut anggaran perjalanan dinas di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau masih cukup besar. Menurutnya, anggaran sebesar Rp401 miliar saat ini perlu dilakukan perampingan lagi.

Menurutnya penghematan anggaran perjalan dinas ini sudah diterapkannya di Pemkab Siak. Dimana jika ada undangan untuk menghadiri kegiatan, dia hanya mengutus satu orang pejabat.

"Di Siak, diundang lima, yang saya utus hanya satu. Secara tidak langsung, kami sudah hemat anggaran perjalanan dinas," kata Bupati Siak ini, Selasa (22/1/2019).

Sebab menurutnya ada juga kebiasaan pejabat, kegiatan yang dilaksanakan satu hari, dibuat menjadi dua hari.

"Ini pertanggungjawabannya dunia akhirat. Nanti ini menjadi perhatian kami kalau sudah duduk (dilantik jadi gubernur Riau)," cetusnya saat menghadiri seminar Bedah APBD Riau 2019 di kantor BI Perwakilan Riau.

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi mengaku sudah melakukan upaya untuk mengurangi beban defisit anggaran tahun lalu, dimana salah satunya memangkas anggaran penjalanan dinas.

"Alhamdulillah dari situ (rasionalisasi) kita bisa mendapat dana yang cukup, dan sedikit membantu defisit kas yang terjadi," katanya.

Bahkan kata Hijazi, ada istilah yang populer saat itu yakni puasa perjalanan dinas pada Oktober dan November 2018.

"Dalam menghadapi defisit ini kita sudah memberikan pemahaman, dan memberi pembelajaran kepada teman-teman OPD. Alhamdulillah ini ada hasilnya," bebernya.

Tapi menurutnya dalam kontek anggaran perjalanan dinas DPRD, karena ini menyangkut aspek-aspek politik pihaknya berharap Gubernur Riau terpilih bisa melakukan pendekatan.

"Dengan begitu, sehingga nanti ada penyesuaian kebijakan-kebijakan terkait alokasi belanja yang lebih efisien dalam pemanfaatan anggaran perjalanan dinas DPRD," harapnya.

Sumber : MC Riau

Laporan : -

Editor : Red

loading...