Surau TV

Banner

Diskopar Dumai Gelar Lomba Mancing 2019

Image
Monday, 01 April 2019 | 12:20:43 WIB


DUMAI - Sempena Hari Jadi Kota Dumai ke - 20, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Diskopar) Kota Dumai bekerjasama dengan Komunitas Fishing Riau menggelar Lomba Memancing di Laut tahun 2019.

 
Pembukaan Lomba Mancing akan berlangsung pada Minggu (31/3/2019) pagi di Pelabuhan Terminal Agri Bisnis Dan secara resmi direncanakan akan dibuka Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi.
 
"Dari informasi yang kita peroleh, Bapak Sekdaprov Riau yang akan membuka lomba mancing besok (Minggu,red)," ujar Kepala Diskopar Dumai, Fauzi Efrizal melalui Kasi Promosi Diskopar Dumai, Eska Fumiyaki kepada wartawan, Sabtu (30/3/2019).
 
Hingga siang ini, kata Eska, sudah 900 lebih peserta yang mendaftar mengikuti Lomba Mancing.
 
"Ratusan peserta itu baru kita terima dari satu tempat pendaftaran yakni Toko Sumber Pancing. Jadi hingga besok Kita perkirakan ribuan peserta akan mengikuti Lomba Mancing 2019 sempena HUT Kota Dumai ke - 20," kata Eska.
 
Dia menjelaskan ada dua kategori yang dilombakan. Pertama, pemenang perorangan, yakni timbangan terberat untuk satu ekor ikan yang didapat oleh seorang peserta. Terkecuali ikan hiu cecak, ikan paus, ikan laki sembilang, ikan buntal dan ikan kerapu.
 
Kemudian kategori khusus, yaitu memancing ikan bersisik dengan nilai timbangan terberat, total hadiahnya sebanyak Rp.18 juta rupiah untuk enam orang pemenang. Dan setiap pemenang akan diberikan thropy, tanjak dan sertifikat.
 
"Beragam hadiah telah disiapkan oleh pihak panitia. Ada tiga Unit sepeda motor untuk juara pertama sampai juara ketiga. Sedangkan juara harapan satu sampai 10 diberikan hadiah mesin cuci, kulkas dan hadiah menarik lainnya," sebut Eska.
 

Sementara, Ketua Riau Fishing H. Usman menyebutkan biaya pendaftaran Rp. 75.000 / orang. Peserta lomba mancing di Dumai tidak sebatas peserta lokal' saja, melainkan Ada beberapa peserta dari negara tetangga seperti Malaysia.

"Peserta dari Malaysia selalu rutin hadir, karena jarak tempuh Port Dickson Malaysia tak begitu jauh hanya berkisar 90menit menggunakan kapal fery," bebernya.

Selain, kegiatan lomba mancing pihak panitia juga menggelar acara pesta Rakyat Pesisir yang dikemas dalam acara kenduri rakyat. Acara ini menyajikan berbagai menu ikan yang telah disediakan oleh pihak panitia.

Di samping mengikuti kegiatan lomba mancing, peserta ataupun wisatawan yang datang bisa juga mengunjungi berbagai destinasi wisata di kota Dumai. 

Beberapa di antaranya adalah pantai Puak Teluk Makmur di kecamatan Medang Kampai, dan Bandar Bakau di jalan Nelayan Laut, kecamatan Dumai Barat. Lalu ada pantai di kecamatan Medang Kampai, pantai Purnama di kelurahan Purnama, Pantai Legenda di kelurahan Pelintung dan Rumah Pohon Bukit Kapur.

Sumber : -

Laporan : Dika

Editor : Red

loading...