Surau TV

Banner

Konjen RRT Lakukan Kunjungan ke MPP dan Jajaki Jalin Kerjasama dengan Pemko Pekanbaru

Image
Thursday, 09 January 2020 | 20:10:41 WIB


PEKANBARU - Konsulat Jendral  (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) melakukan kunjungan ke Mal Pelayanan Publik dan menggelar peertemuan dengan jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Kamis (9/1/2020), di ruang VIP MPP.

Pertemuan antara kedua belah pihak membahas seputar kerjasama RRT dengan Pemko Pekanbaru di bidang Infrastruktur. "Kita berharap setelah pertemuan bisa terjalin kerjasama dengan RRT," kata Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus MT.

Ada sejumlah sektor unggulan di Pekanbaru yakni jasa, perdagangan dan industri. Walikota menyebut Pekanbaru merupakan satu dari 14 kawasan industri stretegis di Sumatera dan Pemko sudah mulai kerjasama dengan Kota Qing Dao.

"Kita mengembangkan Kawasan Industri Tenayan. Nantinya RRT bisa menanamkan investasi di sektor industri," jelas Wako Firdaus.

Selain itu, Pemko juga sedang mengembangkan sektor wisata. Pekanbaru jadi satu Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata dan tujuan Wisata Halal di Sumatra.

Pertemuan berlangsung di Ruang VIP Mal Pelayanan Publik (MPP).

Mereka menggagas kerjasama sister city dengan kota terbesar di Provinsi Shandong, RRT ini. "Kita berharap setelah pertemuan bisa terjalin kerjasama dengan RRT,"' papar Wali Kota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus ST, MT usai kegiatan.

 

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang berdiri dan dalam ruangan

Firdaus mengatakan, Pemko siap menjalin kerjasama dengan RRT. Kerjasama bisa diwujudkan dalam berbagai sektor. Ada sejumlah sektor unggulan di Pekanbaru, yakni jasa, perdagangan dan industri.

Wali Kota menyebut, Pekanbaru merupakan satu dari 14 kawasan industri stretegis di Sumatera. "Kita mengembangkan Kawasan Industri Tenayan. Nantinya RRT bisa menanamkan investasi di sektor industri," terangnya.

Lanjutnya, Pemko juga sedang mengembangkan sektor wisata. Pekanbaru jadi satu Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata dan tujuan Wisata Halal di Sumatera.

Firdaus mengaku Pekanbaru berupaya mengembangkan sektor wisata. Apalagi Pekanbaru berada di jantung Sumatera.

"Kita sedang berupaya mengembangkan Danau Kayangan, Bandar Raya Payung Sekaki dan Water Front City Kawasan Sungai Siak," terangnya.

Firdaus juga memaparkan seputar Kota Pekanbaru menuju Kota Metropolitan Madani. Ada sejumlah rancangan di antaranya mewujudkan Smart City atau kota cerdas.

Tiongkok berencana menanamkan investasi bidang infrastruktur di Kota Pekanbaru. Mereka menilai keberadaan Pekanbaru adalah daerah strategis di jantung Sumatera.

Ada potensi pengembangan kota agar lebih pesat. Mereka menilai Sumatera menjadi wilayah penting pengembangan satu sabuk satu jalur sebagai poros maritim dunia.

"Ada potensi sangat besar di Pekanbaru. Kita akan awali kerjasama di bidang infrastruktur, lalu berlanjut ke sektor lainnya," terang Konsulat Jendral Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Medan, Qiu Weiwei usai pertemuan.

Ada juga rencana kerjasama di bidang pengembangan Smart City. Ia mengaku terkesan dengan upaya pengembangan kota cerdas di Pekanbaru.

"Kami tertarik dengan manajemen kota smart city," terangnya.

Ada banyak bidang kerjasama di masa mendatang. Ia berupaya mendorong kerjasama untuk meningkatkan kesejehteraan masyarakat.

Qiu Weiwei merupakan Konsulat Jendral RRT di Medan. Ia mendorong upaya kerjasama antara provinsi di Sumatera dengan Tiongkok.

Ada dua tujuan kedatangan rombongan Konsulat Jendral RRT ke Pekanbaru. Mereka ingin tahu banyak tentang Pekanbaru dan menggagas kerjasama di masa depan dengan Pekanbaru.

Tiongkok dan Indonesia juga sudah lama menjalin hubungan dan bersejarah. Apalagi kedua negara terus mengembangkan ekonomi.

Tiongkok juga tertarik kerjasama di bidang pariwisata. Selama ini banyak wisatawan asal Tiongkok hanya singgah ke Bali.

Pekanbaru nantinya bisa jadi satu tujuan wisatawan asal Tiongkok. Ia menilai ada banyak peluang kerjasama dengan Pemko Pekanbaru.

"Ada banyak kerjasama yang bisa dilakukan dalam upaya mendorong perekonomian," ulasnya.

(Advertorial)

Sumber : Advertorial

Laporan : -

Editor : Redaksi

loading...