Surau TV

Banner

Webinar Dipimpin Langsung Gubernur Riau, SM Rimbang Baling Diusulkan Jadi Taman Nasional

Image
Thursday, 16 July 2020 | 18:35:19 WIB


TELUKKUANTAN- Kegiatan Webinar Menuju Era Baru Rimbang Baling menuju Taman Nasional, Bupati Kuantan Singingi Drs.H. Mursini, M.Si yang diadakan di Ruang Tanah Merah Labersa Hotel Siak Hulu, Kamis (16/7/2020).

Pada seminar ini dipandu oleh Andini Effendi, dan acara Webinar dipimpin langsung oleh Gubernur Riau Drs.H. Syamsuar. M.Si dan partisipasi oleh Anggota DPR RI H. Syahrul Aidi Maazat, Anggota DPD RI Edwin Pratama Putra. Dirjen KSDAE Kementrian LHK RI. Ka Balai Besar KSDA Riau Suharyono S.,M.SI.,M.Hum.

SM  Bukit Rimbang Baling berada di dua Kabupaten di Provinsi Riau yaitu Kabupaten Kampar dan Kuantan Singingi dengan luas keseluruhan kurang lebih 141.226,25 Ha yang berada diwilayah Kabupaten Kuantan Singingi kurang lebih 35 s/d 40%

Permasalahan Kawasan Konservasi SM Bukit Rimbang Bukit Baling di Kabupaten Kuantan Singingi. Perambahan Hutan dan Alih Fungsi Lahan. Perburuan dan Perdagangan Satwa Liar dilindungi. Banyaknya Akses Jalan Darat Menuju Kawasan SM Bukit Rimbang Bukit Baling (dari Provinsi Riau dan Sumatra Barat).

Cara Baru Pengelolaan Kawasan Konservasi SM Bukit Rimbang Bukit Baling di Kabupaten Kuantan Singingi. Perlunya komitmen atau kesepakatan bersama, untuk melestarikan SM Bukit Rimbang Bukit Baling oleh semua pihak. Penegakan hukum yang tegas terhadap pelaku perambahan hutan dan ahli fungsi lahan. Bersama-sama melakukan pengawasan terhadap perburuan dan jual beli satwa liar yang dilindungi. Menyusun kebijakan pengelolaan kawasan konservasi yang dapat memberikan kontribusi kearifan lokal dibidang lingkungan hidup.

Arah Kebijakan Hutan mampu mendukung kelestarian lingkungan dan mengurangi terjadinya bencana (banjir dan tanah longsor). Hutan konservasi dapat dimanfaatkan sebagai tujuan penelitian, pendidikan bahkan mendorong potensi wisata/ekowisata. Dalam melakukan pengelolaan kawasan konservasi sangat diperlukan pelibatan stakeholder dengan cara menggalang dukungan multi pihak serta pelibatan peran masyarakat dalam pengelolaan melalui kemitraan.

Dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang muncul di Kawasan Konservasi Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling perlu ditingkatkan pengelolaannya menjadi Taman Nasional Bukit Rimbang Bukit Baling.(ilpandi)

Sumber : -

Laporan : Ilpandi

Editor : Redaksi

loading...