Surau TV

Banner

Bupati Dampingi Kadis Perikanan Kuansing Lepas Benih Ikan Dikuantan Mudik

Image
Monday, 20 July 2020 | 19:45:02 WIB


Teluk Kuantan - Bupati Kuantan Singingi Drs H Mursini, M.Si menghadiri kegiatan penebaran benih ikan bersama Kadis Perikanan Kuansing Helmi Zafnil  di Kebun Nopi Arena Dayung Desa Bukit Pedusunan kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi, Senin (20/7/2020).


Helmi zafnil mengatakan Kepala dinas Perikanan Kuansing kepada awak media bahwa ikan yang ditebar yaitu ikan jelawat atau silomak bantuan dari Kementerian Kelautan dan  Perikanan RI melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sei Gelam Jambi.


Untuk Perairan umum Danau Kobun Nopi yang dikelola oleh Kelompok Pengawas Masarakat Perikanan (Pokwasmas)  Danau batuah 50.000 ekor, Pokmaswas Putra Nagedang Bendungan Nagedang Giri Sako (Logas Tanah Darat) 50.000 ekor, Pokwasmas Tepian Timbang Bungo Pengantin Danau Sungai Sorik (Kuantan Hilir Seberang) 50.000 ekor dan Pokwasmas Pasak Malintang Danau Pauh (Pangean) 50.000 ekor. Total 200.000 ekor.  


Dan telah ditebar seluruhnya secara simbolis oleh Bupati Kuansing, kadis perikanan, camat, dan kepala desa Bukit Pedusunan menebar sebanyak 10.000 ekor di Danau Kebun Nopi.


"Kita berharap enam bulan kedepan akan nampak perkembangan ikan ini, tetap terpelihara dengan baik, dan semoga  berkembang biak tidak punah diperairan kita selanjutnya," tutup Zafnil.


Bupati memberi arahan pada kegiatan ini mengajak kita bersyukur pada Allah SWT dan berterima kasih pada BPBAT Jambi yang telah memberikan bantuan benih ikan untuk perairan umum Kuansing. lni merupakan bantuan kedua pada tahun 2020 setelah bulan Maret kemarin. 


Saya menghimbau kepada Pokwasmas sama sama mengajak masyarakat menjaga dan memelihara ikan yang telah ditebar ini jangan diputas atau dibunuh, supaya bisa dipanen bersama untuk meningkatkan kebutuhan gizi makanan dan pendapatan masyarakat sekitar. Juga melestarikan perairan umum kita dari kepunahan ikan-ikan lokal untuk menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan.

Sumber : -

Laporan : Ilpandi

Editor : Redaksi

loading...