Surau TV

Banner

Advertorial Kabupaten Kuansing

Menghadapi Covid-19, Pemkab Kuansing Melalui Dinkes Gencar Melakukan Sosialisasi Kepada Masyarakat

Image
Tuesday, 11 August 2020 | 08:35:07 WIB


TELUKKUANTAN, Nusapos.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau, Helmi Ruspandi, S.sos. MPH, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Jumardi, S.sos, M.kes, menghimbau agar masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan  terhadap ancaman covid-19.

Keterangan Foto: Kepala Dinas Kesehatan kuansing Helmi Ruspandi S.sos, MPH

"Semenjak merebaknya pandemi Corona, Pemerintah Daerah melalui dinas kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan. Berbagai himbauan juga telah disampaikan, termasuk mengintruksikan kepada seluruh Puskesmas yang ada dikuansing supaya melakukan sosialisasi sekaligus memantau kondisi kesehatan warga masyarakat nya di daerah masing - masing.

Keterangan Foto :Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit JUMARDI

“Kita minta Pusat Kesehatan Masyarakat ( Puskesmas ) gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat. Salah satunya dengan cara memasang spanduk himbauan, termasuk juga memantau perkembangan kesehatan warga masyarakat di daerah masing - masing,” ujar Kabid P2P ini,

Dinas Kesehatan Kuansing juga mengingatkan agar masyarakat untuk selalu bahu-membahu dalam menghadapi pandemi virus corona atau Covid-19 Sebab, Covid-19 sampai saat ini masih menjadi ancaman bagi masyarakat kuansing umumnya Indonesia.

"Itu tidak mungkin selesai hanya karena jajaran kesehatan saja, atau kolaborasi, kalau kita mengatakan KSBB, kolaborasi sosial berskala besar," kata Jumardi dalam ruangan kerja nya di Telukkuantan, Kamis (6/8/2020).

"Maksud nya kita harus harus saling membantu, segenap elemen masyarakat, swasta, institusi pendidikan, pemerintah, dan semuanya," lanjut dia.

"Memakai masker dengan baik dan benar, menjaga jarak aman dan mencuci tangan dengan sabun dan air ," ujar Jumardi.

"Sejauh ini Update data terbaru Siaga Covid-19 yang tercatat di Dinas Kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi Kamis, 6-8-2020 pukul 08.00 wib.



a. Suspek yang masih dirawat berjumlah 2 pasien, Suspek negatif covid-19 dan dipulangkan berjumlah 49 orang, dan suspek meninggal dunia berjumlah 11 orang. total suspek berjumlah 62 orang.

b. Pelaku Perjalanan (PP) dalam pemantauan berjumlah 206 orang, PP sudah selesai pemantauan berjumlah 322 orang. Total PP berjumlah 528 orang.

Total kasus konfirmasi Kabupaten Kuantan Singingi 13 orang
Konfirmasi masih rawat 1 orang
Konfirmasi meninggal 1 orang
Konfirmasi sembuh 11 orang

Dengan meningkatnya kasus Positif di Kabupaten Kuantan Singingi, pemerintah menerapkan new normal (adaptasi kehidupan baru) menuju masyarakat yang produktif dan aman dengan tujuan mempercepat penanganan covid-19 dalam aspek kesehatan dan sosial ekonomi, masyarakat dihimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, kata Jumardi seperti;

1. Pakai masker bila keluar rumah dan di tempat kerja.

2. Selalu menjaga jarak (Physical Distancing).

3. Sering mencuci tangan pakai sabun.

4. Terakhir, kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kewaspadaan.
Walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui itu negatif covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian.

Disamping itu Jumardi juga mengajak masyarakat menjaga pola hidup sehat makan buah buahan dan sayuran, berolahraga rutin dan istirahat yang cukup, konsumsi vitamin yang cukup tidak menyebarkan informasi pribadi dari pasien seperti nama, alamat, dan keluarganya, menjaga kerahasiaan data pasien merupakan kewajiban kita semua sesuai Pasal 57 UU 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.

Dan mari beri dukungan untuk pasien positif, PDP, ODP, dan tenaga medis. Jangan berstigma negative terhadap mereka. Bila merasakan gejala, periksa diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, terakhir tetap berdoa, Insya Allah kita akan melewati semua ini.

Keterangan Foto: Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi

Semoga kita tetap sehat dan selalu berada dalam lindungan-Nya. Tutup Kabid P2P Jumardi.(advertorial/ilpandi)

Sumber : Advertorial Kabupaten Kuansing

Laporan : Ilpandi

Editor : Redaksi

loading...
Post

Peta Politik Oleh Aswimar

1 bulan yang lalu