Surau TV

Banner

Pj Bupati Bengkalis Salurkan BLT-DD Ke Desa Api-Api

Image
Wednesday, 07 October 2020 | 13:11:04 WIB


BANDAR LAKSAMANA- Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis H. Syahrial Abdi salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahap ke-VI, yang bertempat di Aula Gedung Serba Guna Desa Api-Api Kecamatan Bandar Laksamana, Selasa (6/10/2020) Siang.

Pj. Bupati Bengkalis H. Syahrial Abdi langsung menyerahkan bantuan tersebut kepada 6 orang perwakilan warga Desa Api-Api dari 193 orang yang mendapat bantuan. 

Syahrial Abdi menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada Kepala Desa Api-Api dan Relawan Desa lawan Covid-19, yang telah bekerja serius dalam upaya percepatan penanganan Covid-19. Ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi juga disampaikan Pj. Bupati Bengkalis tersebut kepada PT. Bank Riau Kepri Capem Sungai Pakning atas partisipasinya dalam menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) APBD Kabupaten  Bengkalis dalam penanganan Covid 19.

“Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah untuk meringankan beban masyarakat yang terkena dampak dari pandemi wabah virus Corona. Perlu bapak dan ibu ketahui bahwa Dana BLT-DD ini diambil dari sebagian Dana Desa berdasarkan petunjuk Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo melalui Menteri Desa yang diatur dalam Peraturan Menteri Desa No 6 Tahun 2020”, jelas Syahrial Abdi.

Selanjutnya, kata Syahrial, berdasarkan laporan yang kami terima, adapun KPM (Keluarga Penerima Manfaat) BLT-DD untuk Kabupaten Bengkalis sebanyak 16.273 penerima manfaat. Dengan besaran dana penyaluran tahap I s/d III sebesar @Rp.600.000.,-/KPM dan penyaluran tahap IV s/d VI sebesar @Rp.300.000.,/ KPM. Sedangkan untuk penyaluran tahap I dan IV telah disalurkan 100% kepada KPM oleh 136 Desa Se-Kabupaten Bengkalis, sementara itu untuk penyaluran tahap V (lima) telah disalurkan kepada 112 Desa (82%) dan penyaluran tahap VI (enam) telah disalurkan sebanyak 21 Desa (15%). Data ini perlu kami sampaikan agar kedepannya tidak terjadi kesalahpahaman antara masyarakat penerima bantuan dengan Pemerintahan Desa.

“Kepada saudara Kepala Desa, kami ingatkan agar terus memaksimalkan tugas dan fungsi Relawan Desa lawan Covid-19. Terus bangun komunikasi yang baik dengan tenaga kesehatan yang ada. Serta selalu sosialisasikan dan terapkan 3 M kepada masyarakatnya yakni menggunakan Masker, Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta tidak berkumpul atau Menjaga jarak”, kata Syahrial Abdi.

Tampak Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas PMD Yuhelmi, Kepala Dinas Sosial Martini, Kapolsek Bukit Batu Hendrik, Kabag Umum Al Fahrurrazi, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Muhammad Fadhli, Camat Bandar Laksamana Acil Esyino, Camat Bukit Batu Taufik Hidayat, Pimpinan Pembantu Cabang Bank Riau Kepri Bukit Batu H. Nanang, Kepala Desa Api-Api Edi.

 

83 Penerima BLT-DD Parit I Api-Api

Sebanyak 83 Orang Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap ke-VI Desa Parit I Api-Api langsung disalurkan Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi, Selasa (6/10/2020), di Aula Kantor Desa Parit 1 Api-Api Kecamatan Bandar Laksamana. 

Penyerahan BLT-DD langsung diserahkan Pj. Bupati Bengkalis kepada Kepala Desa Parit Satu I Api-Api dan disaksikan langsung masyarakat dan Perangkat Desa Desa Parit I Api-Api serta beberapa Pejabat Tinggi di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis. 

Dalam Sambutannya Pj Bupati Bengkalis Syahrial Abdi memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada Kepala Desa Parit I (Satu) Api-Api dan relawan Desa lawan Covid-19, yang telah bekerja serius dalam upaya percepatan penanganan Covid-19.

"Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) ini bertujuan untuk mengurangi dampak ekonomi bagi masyarakat akibat pandemi Covid-19, sekaligus menjaga daya beli masyarakat serta meningkatkan peredaran barang dan jasa di Desa, dengan sasaran yakni Kepala Keluarga miskin non penerima PKH atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), KK yang belum terdata dalam DTKS, tercatat resmi sebagai warga/penduduk Desa terkait, tidak meneriama Bansos lainnya, termasuk BST Kemensos, kehilangan mata pencaharian, mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis serta Ibu-ibu kepala keluarga", ungkapnya. 

Tampak hadir pada acara tersebut Kepala Dinas PMD Yuhelmi, Kepala Dinas Sosial Martini, Kabag Umum Al Fahrurrazi,Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Muhammad Fadhli, Camat Bandar Laksamana Acil Esyno, Camat Bukit Batu, Camat Siak Kecil, Kepala Desa Parit I Api- Api Suretman. (inf/jusriyal)

Sumber : -

Laporan : inf/jusriyal

Editor : Redaksi

loading...