Surau TV

Banner

Dapatkan Kemudahan dengan Mengunakan Inaportnet 2020 dan system integration test (SIT), KSOP Kelas II Tanjung Buton Adakan Sosialisasi

Image
Thursday, 08 October 2020 | 20:45:29 WIB


BUKIT BATU - NUSAPOS.COM, 
Untuk mewujudkan asa dan memajukan Indonesia, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjung Buton menggelar sosialisasi Inaportnet 2020 dan system integration test (SIT) atau pengujian sistem integrasi.

Kegiatan sosialisasi yang dibuka oleh Kepala Kantor KSOP Kelas II Tanjung Buton, Wigyo, S.Sos, MH tersebut dilaksanakan di Aula Pertemuan Kantor Camat Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, Kamis, 08 Oktober 2020 dengan peserta dari jajaran KSOP Kelas II Tanjung Buton, stake holder dan pemangku kepentingan serta instansi terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Wigyo mengatakan, inaportnet merupakan sistem layanan tunggal berbasis internet yang mengintegrasikan sistem informasi kepelabuhanan.

Kegunaannya, ujar Wigyo lagi,  dengan sistem inaportnet barang dan DO online dapat membuat para pengguna jasa bisa memantau pergerakan kapal dan kontainer sehingga akan meningkatkan transparansi pelayanan.

"Banyak keuntungan dari sistem inaportnet tersebut. Seperti, menurunkan biaya logistik dengan memangkas biaya pengurusan DO dan meningkatkan kelancaran arus barang di pelabuhan dan sebagai langkah transparansi waktu pelayanan tarif yang dikenakan." ujar Wigyo.

Selain itu, lanjutnya, dengan inaportnet, tracking dokumen dan container dapat dilakukan dengan mudah dan transparan serta dapat meningkatkan kualitas dokumen dan paperless administration dan dapat mempersingkat waktu pelayanan dari 1-3 hari menjadi 30 menit 

Di samping itu, sambungnya, masih banyak lagi kemudahan - kemudahan yang dapat diperoleh dari penerapan sistem inaportnet tersebut.

Wigyo juga mengatakan, sistem inaportnet sudah diterapkan di 33 pelabuhan yang ada di Indonesia.

Harapan saya, lanjutnya, dengan implementasi Inaportnet, pelayanan kepelabuhanan yang standar dalam melayani kapal dan barang dari seluruh instansi terkait atau pemangku kepentingan di pelabuhan dapat berjalan sesuai rencana, tepat waktu dan tepat guna.

"Semoga semua steakholder dapat mendukung dan memanfaatkan semaksimal mungkin sistem inaportnet tersebut, sehingga kinerja layanan pelabuhan dapat terus ditingkatkan," pungkasnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Camat Bukit Batu Taufik Hidayat, S.STP, MPA, mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta sosialisasi inaportnet 2020 serta mengucapkan terimakasih kepada Pihak KSOP Kelas II Tanjung Buton  yang selama ini telah menjalin kerjasama yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

"Banyak hal yang kita lakukan sehingga terbentuk sinegritas terutama dengan kegiatan-kegiatan yang ada di pelabuhan, pelayaran dan sebagainya," ujar Taufik Hidayat.

Selanjutnya ia juga mengatakan, atas nama Pemerintah Kecamatan Bukit Batu kami sangat mendukung kegiatan ini.

"Kami sangat mendukung karena tujuannya untuk meningkatkan pelayanan kepelabuhan. Sudah saatnya pelayanan kepelabuhan dilakukan dengan sistem online," terangnya.

Mudah-mudahan, ujarnya, dengan diadakannya sosialisasi ini, pelayanan kesyabandaran dan kepelabuhanan akan menjadi lebih efektif, efisiens dan juga lebih transparan. (sir/jusriyal)

Sumber : -

Laporan : sir

Editor : Redaksi

loading...