Surau TV

Banner

Pj. Bupati Syahrial Abdi Serahkan 960 Kartu Tani

Image
Friday, 09 October 2020 | 22:10:54 WIB


BANTAN, PROKOPIM - Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis H. Syahrial Abdi menyerahkan secara simbolis 960 kartu tani kepada para petani di wilayah Kecamatan Bantan, Jum'at (9/10/20) sore, di Kantor UPT Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Kecamatan Bantan.

Abdi mengatakan bahwa kartu tani ini sangat penting selain sebagai penyaluran pupuk bersubsidi juga sebagai pelindung hak petani, karena pendistribusian pupuk menjadi tepat sasaran sesuai asas 6 tepat. Yaitu tepat jumlah, tepat jenis, tepat waktu, tepat tempat, tepat mutu dan tepat harga.

Kemudian, kata Abdi, untuk wilayah Kabupaten Bengkalis, kartu tani yang diterbitkan oleh Bank Mandiri sebanyak 4.142 kartu dari total input data sebanyak 6.334 NIK pada tahun 2020. Khusus untuk Kecamatan Bantan akan diserahkan sebanyak 960 buah kartu dan untuk Provinsi Riau secara keseluruhan akan melaksanakan penebusan pupuk bersubsidi menggunakan kartu tani pada Januari 2021 mendatang.

"Untuk itu, kami mengajak semua pihak, terutama Perangkat Daerah, BUMN dan BUMD untuk membantu dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia serta menyelesaikan permasalahan para petani baik dalam hal budidaya, pengelolahan, permodalan dan pemasaran dan untuk para petani kami harapkan gunakan kartu ini dengan sebaiknya sehingga melalui kartu yang disalurkan ini dapat menciptakan petani yang sejahtera", ujar Abdi.

Kemudian hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis, H Tarmizi menyebut kartu tani ini merupakan komitmen pemerintah dalam mensuport pengembangan pertanian di Kabupaten Bengkalis. "Selain itu Kartu Tani ini sebagai upaya untuk meminimalisir kendala yang dialami petani baik dari penerimaan pupuk maupun waktu penyalurannya yang tidak sesuai dengan kebutuhan para petani. Melalui Kartu Tani ini nantinya kapan membutuhkan pupuk, para petani bisa mengambil di distributornya langsung", paparnya.

Sementara Manager KCP Bank Mandiri Kabupaten Bengkalis, Harun menjelaskan bahwa penyaluran kartu tani program Pemerintah Kabupaten Bengkalis sebanyak 4.142 Kartu yang disalurkan ke 7 Kecamatan yaitu Kecamatan Mandau sebanyak 1.120, Kecamatan Bantan sebanyak 960 kartu, Rupat 93 kartu, Rupat Utara 27 kartu, Pinggir 1.352 kartu, Bukit Batu 280 kartu dan Kecamatan Siak Kecil sebanyak 210 kartu.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Pertanian H Tarmizi, Plt Kasatpol PP H Yuhelmi, Camat Bantan Supandi, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis Hj Surya Suhersi, Sekcam Bantan Risky Alfiandy, Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disprindag Bengkalis Jefri dan para penerima kartu tani di wilayah Kecamatan Bantan.(inf/jusriyal)

Sumber : -

Laporan : inf/Jusriyal

Editor : Redaksi

loading...