BMKG: Prediksi Awal 2016 Ada Kabut Asap Lagi?

Image
Saturday, 12 December 2015 | 05:39:10 WIB 989

PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyebut, awal tahun 2016 terutama di Januari dan Februari diperkirakan akan terjadi kemarau panjang sebagai dampak fenomena El Nino. Kemarau ini akan berpotensi terjadinya kebakaran lahan dan hutan.
         
"Dalam dua bulan tersebut, sebagian besar wilayah di Provinsi Riau kami diperkirakan akan kembali diselimuti kabut asap tebal akibat terjadi kebakaran hutan dan lahan," papar Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin di Pekanbaru, Kamis (10/12).
         
Menurut Sugarin, empat kabupaten/kota yakni Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Siak dinilai rawan akan terjadinya kabakaran hutan dan lahan.
         
Jika daerah yang berada di wilayah pesisir terbakar, maka kabut asap kemungkinan besar akan melanda Pekanbaru dan ditambah lagi kabut asap kiriman dari provinsi tetangga seperti Jambi dan Sumatera Selatan.
         
BMKG Pusat beberapa waktu lalu telah memberi penyataan bahwa sejumlah provinsi di sebagian wilayah Sumatera seperti Aceh bagian Utara dan Tengah, sebagian besar Sumatera Utara dan Riau bagian Barat kini telah memasuki puncak musim hujan.
         
Namun pada Januari-Februari tahun 2016, wilayah di Sumatera terutama bagian Utara justru memasuki musim kemarau termasuk wilayah di Provinsi Riau.

"Arah angin selama terjadinya el nino kami prediksi bergerak dari Selatan ke Utara. Makanya wilayah Riau, Sumatera Utara dan Aceh bakal jadi penumpukan asap kiriman," jelasnya.
         
Sementara pada bulan Maret hingga Mei 2015, tambah Sugarin, provinsi tersebut kembali memasuki musim penghujan dan pada Juni sampai September memasuki musim kemarau panjang dengan pusat arah angin berlawanan.

"Prediksi ini kami berikan, agar setidaknya pemerintah provinsi bisa melakukan antisipasi kebakaran hutan dan lahan sejak dini," ucap dia, demikian dilansir dari Antara.

Sesungguhnya, warga Pekanbaru benar-benar tidak mengharapkan terjadi lagi darurat kabut asap di Riau. Besar harapan mengiringi doa pada Alloh SWT, agar tetap rahmatNya berupa hujan yang lebat, terus menerus turun hingga pertengahan tahun 2016, Amin Ya Robbal 'Alamiiin.


(nusapos.com/Andra/rls)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...
Post
Riau
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Nasional

Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

1 tahun yang lalu 896

Kualitas Agama Kunci Cegah HIV AIDS

1 tahun yang lalu 1047
Post
Riau

Poligami? Jangan Asal Mau Saja!

1 tahun yang lalu 823
Post
Nasional
Post
Nasional

Wawancara Khusus: Prabowo Subianto

2 tahun yang lalu 882