Surau TV

Banner

Festival Colok Bengkalis Memesona

Image
Saturday, 02 July 2016 | 14:49:13 WIB


BENGKALIS - Kota Bengkalis bermandi cahaya saat puluhan ribu lampu colok dinyalakan setelah adzan Magrib berkumandang. Masyarakat pun tidak ketinggalan berbondong-bondong mengitari jalan untuk menyaksikan Festival Colok yang dimulai pada malam 27 Ramadan, tepatnya Jumat (1/7/2016).
 
Berdasarkan catatan panitia, ada sebanyak 47 kelompok tahun ini yang ikut menyukseskan event budaya yang dikenal dengan sebutan Malam Tujuh Likur di kalangan masyarakat Negeri Junjungan ini. Desa Simpang Ayam yang dua tahun berturut-turut tampil sebagai juara, mendapat kehormatan menjadi tuan rumah atau sebagai tempat pembukaan yang dilakukan langsung oleh Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, tadi malam.
 
Jika tahun-tahun sebelumnya pembukaan dilakukan setelah Salat Magrib, untuk tahun ini agak berbeda. Pembukaan dilakukan langsung oleh Bupati Amril Mukminin setelah Salat Tarawih. Seperti dijangka sebelumnya, pembukaan Festival Colok tahun ini lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sebagai tuan rumah, Desa Simpang Ayam menyuguhkan 4 menara colok raksasa dengan miniatur masjid yang membuat mata pengunjung yang hadir terpesona. 
 
Masyarakatpun tidak mau ketinggalan menikmati indahnya cahaya lampu colok yang dipadu menjadi satu, sehingga terbentuk beragam miniatur masjid yang indah dan mempesona. Selain itu, ada juga berbentuk kaligrafi yang unik dan menarik dan lampion yang susun berbentuk gapura.
 
Pantauan di lapangan, jalan poros Desa Air Putih, Sungai Alam, Kuala Alam, Temeran dan Penampi penuh sesak oleh masyarakat yang menyaksikan meriahnya Festival Colok. Ada yang berjalan kaki, menggunakan sepeda motor maupun kendaraan roda empat.
 

Tak ayak lagi, jalanpun penuh sesak sehingga menimbulkan kemacetan. Kondisi serupa juga terjadi di sepanjang jalan poros Desa Pangkalan Batang, Meskom, Teluk Latak, Simpang Ayam dan Perapat Tunggal. Masyarakat yang tidak mau melewatkan momen yang hanya ada satu tahun sekali ini, mengabadikannya dengan kamera handphone sambil selfi-selfian di depan menara colok. (fr/mcr)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...